Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Rabu, 13 Juni 2012

Armyn: Pilih Gubernur, Bukan Wakil

Pasangan Terakhir Daftar ke KPU
 
Pontianak – Jika lolos verifikasi di KPU Provinsi Kalbar, Pemilukada Kalbar 2012 ini bakal diramaikan oleh kandidat dari kalangan militer. Mayjen TNI Armyn Angkasa Alianyang menggandeng Fathan A Rasyid mendaftar ke KPU Kalbar, Senin (11/6) di hari terakhir pendaftaran.
Pasangan ini diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang (PBB). Koalisi parpol itu memiliki 10 kursi atau 18,18 persen kursi di DPRD Provinsi Kalbar.
Saat pendaftaran, Armyn yang menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI Bidang Komunikasi Sosial itu melampirkan surat mengajukan pengunduran diri dari kesatuannya. Namun pihak KPU masih akan memverifikasi untuk mengecek apakah surat pengunduran diri itu benar-benar telah disampaikan dan telah mendapat persetujuan yang bersangkutan dapat mundur dari kesatuannya.
Terkait surat pengunduran dirinya dari TNI, Armyn menegaskan sudah dilayangkan sebulan yang lalu. Sejauh ini belum jelas apakah surat jawaban KSAD atau Panglima TNI disertakan dalam pendaftaran ke KPU Kalbar.
“Saya tidak dengan KSAD, saya anak buahnya panglima TNI. Jabatan saya staf panglima TNI. Surat pengunduran diri saya ditembuskan kepada KSAD. Secara fungsional beliaulah yang akan mengeluarkan. Itu sudah kira-kira sebulan yang lalu,” ujar Armyn.
Ketika ditanya alasan memilih Fathan A Rasyid yang notabene adik Burhanuddin yang akan menjadi pesaing untuk menjadi wakilnya, Armyn menyatakan sudah jelas alasannya.
“Saya memilih dia. Di Kalbar kan luas bukan Kabupaten Sambas saja, ada Pontianak, ada Sintang. Mentang-mentang satu daerah pecah di Sambas, gak. Yang dipilih itu gubernur bukan wakil gubernur,” kata Armyn.
Dia menyatakan optimismenya menang satu putaran pada pesta demokrasi rakyat 2012 kali ini. “Optimislah, yang namanya optimis itu satu putaranlah. Kenapa tidak optimis. Masa harus berputar-putar, pusing kepala,” katanya.
Sementara itu, Fathan yang masih aktif sebagai PNS juga melampirkan surat pemberitahuan ikut pemilukada yang dilayangkan kepada Gubernur Kalbar. Dua bersaudara, Fathan dan Burhanuddin A Rasyid akan saling bertarung bersama pasangannya masing-masing.
Ditemui usai pendaftaran, Fathan ketika ditanya terkait pertarungan politik abang-adik enggan berkomentar banyak. Hingga keluar dari gedung KPU Fathan memilih tutup mulut. Ditanya soal rumor apakah Burhanuddin tidak mengizinkannya maju, Fathan balik bertanya kepada awak media.
“Kita bukan berbicara memilih wakil, tanya saja dengan Pak Burhan yang membuat rumor itu,” ujarnya berlalu meninggalkan Sekretariat KPU Provinsi Kalbar Jalan A Yani.
Pada kesempatan itu, Ketua DPW PPP Kalbar H Ahmadi Usman SAg menegaskan penetapan mengusung pasangan Armyn-Fathan atas dasar kehendak partainya. “Ini sudah keputusan partai dan tidak ada yang bisa dikatakan senang atau tidak senang. Keputusan bersama dengan Hanura dan PBB, yakin menang dalam Pilgub Kalbar,” ucapnya.
Dia menilai, sosok Armyn adalah figur alternatif tiga calon lainnya dalam pertarungan Pilgub Kalbar 2012. Artinya bukanlah ambisi pribadi calon menjadi gubernur tapi semata-mata untuk mendengarkan aspirasi masyarakat Kalbar.
“Beliau ini maju mengorbankan kariernya yang belum pensiun dengan menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota TNI. Dan beliau track record-nya bagus tidak punya beban masa lalu,” pungkas Ahmadi. (jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar