Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Rabu, 04 April 2012

Nggak harus pakai WordPress

WordPress memang luar biasa, bisa dijadikan apa saja. Tapi di lain pihak, WordPress juga punya banyak kelemahan salah satunya yang paling menonjol adalah pemakaian resource-nya. Sebuah blog WordPress biasa tanpa plugin2 yang aneh2 akan mampu menggoyang kestabilan server kalau pengunjung sudah mencapai 5000 visitor per hari.
Nah, sayangnya belum banyak panduan yang memberikan solusi lain selain WordPress hehehe… Sehingga bagi pemula, WordPress sudah cukup menjadi solusi. Tinggal belajar 1 CMS, bisa membuat aneka ragam website dengan mudah dan cepat. Saya saat ini coba mengembangkan kemampuan mempelajari CMS-CMS lainnya. InsyaaLlah ke depan nanti Cafebisnis akan melepaskan diri dari brand Belajar WordPress menjadi Belajar Bisnis Online. Kita akan bikin banyak panduan CMS berdasarkan kemampuannya masing2.
Misalnya untuk membuat toko online, mungkin nanti kita akan pakai prestashop, OSCommerce atau yang lain. Dan untuk kegiatan blogging biasa, boleh jadi kita malah pakai blogspot saja. WordPress sendiri bisa kita pakai untuk CMS yang menggabungkan beberapa fungsi, misalnya seperti web affiliasi dimana di dalamnya ada membership tapi juga memuat artikel update. Tentu ini nggak mungkin kalau pakai blogspot.
Kemudian untuk pembuatan web forum, akan lebih keren kalau pakai SMF misalnya atau phpBB. Dan untuk support ticket bisa pakai CMS tersendiri. Intinya kita musti punya rencana yang matang saat hendak membangun sebuah web bisnis.
Kendala saat ini kan panduannya baru lengkap di WordPress saja, nah nanti kita coba kembangkan lagi. Alhamdulillah, Cafebisnis beta version yang bagian tutorial sudah selesai dikerjakan dan saat ini sedang diisi kontennya. Memang belum dilaunching karena masih banyak fasilitas lain yang perlu diperbaiki dan ditambahkan. Mudah2an awal Mei nanti sudah siap diujicoba. Memang lama sih, karena versi Beta ini saya nggak pakai CMS apapun, alias membangun semuanya dari nol.
Nah, konsep web panduannya nanti tersusun mirip ebook gitu. Sebelah kiri daftar isi dan sebelah kanan konten. Dilengkapi RSS Feed sehingga mereka yang sudah belajar, dapat memantau melalui RSS Feed siapa tahu ada update terbaru. Tiap perubahan pada tutorial, akan masuk ke RSS sehingga nggak akan terlewat. Dan bagi member baru, tetap bisa mengikuti panduan step by step dari awal sesuai urutan daftar isi.
Berarti nggak ada ebook-nya dong?
Yup, nanti akan ada beberapa level keanggotaan. Saya belum bikin system keanggotaan ini, tapi insyaaLlah akan seperti ini:
  1. Unverified Member
  2. Free Member
  3. Premium Member
  4. Product Buyer
Nah, nanti untuk jadi premium member, biasanya akan sangat murah. Antara 20-50 ribu saja. Tapi premium member hanya mendapatkan akses untuk membaca semua artikel saja. Kalau mau download artikel ya download sendiri satu per satu hehehe…
Kemudian untuk Product Buyer, akan mendapatkan free premium membership. Sehingga beli produk saja sudah mendapatkan keanggotaan premium gratis (untuk produk2 tertentu). Nah, nanti seluruh panduan dalam bentuk CHM bisa dibeli disini. Termasuk juga plugin2 seperti wp-affiliasi, wp-iklanbaris dan aneka script lain bisa dibeli disini.
Jadi, semua produk akan dijual terpisah hehehe…
Member Premium Lama Gimana?
Ndak usah khawatir, premium member sekarang akan dianggap sebagai product buyer untuk 3 macam produk yaitu plugin wp-affiliasi, wp-iklanbaris dan ebook CHM berisi semua materi di cafebisnis (jadi semua materi di bundle dalam 1 file). Kalau nanti sudah launching maka total 3 produk ini bisa lebih dari 197.000 lho hehehe… Makanya buruan registrasi sekarang. Belajarnya bulan depan gpp :D
Saya juga punya dream cafebisnis akan rekrut seorang pegawai gitu yang khusus develop script2 baru untuk keperluan bisnis online. Yah.. biar kita bisa punya script2 sendiri untuk kebutuhan bisnis online tapi dengan resource yang sangat ringan. Mudah-mudahan bisa ya? Hehehe… Namanya juga mimpi boleh kan?
Nah, sekarang jangan takut pakai CMS lain yaa…. InsyaaLlah nanti pelan2 kita hadirkan panduan2-nya di cafebisnis
IKLAN YAAA: Saya lagi coba share beberapa hal tentang optimasi blogspot di http://www.cbwebspace.info silahkan disimak mumpung belum banyak panduannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar