Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 19 April 2012

Tiga Nama Berpeluang Naik Perahu Demokrat

Bobby: Main Langsung ke DPP Tidak Kita Usulkan

Pontianak
 – 
Sebanyak 13 nama figur bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Kalbar tengah digodok Tim Sembilan. Mereka dinilai lolos persyaratan dari 21 tokoh yang melamar ke Partai Demokrat.
“Selama ini ada tiga nama yang intensif melakukan komunikasi dengan DPD Partai Demokrat, yakni Cornelis, Christiandy Sanjaya, dan Milton Crosby. Tiga nama inilah yang berpeluang besar mendapat perahu Demokrat,” ungkap Bobby Chrisnawan, Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Kalbar, dihubungi Equator via seluler, Selasa (17/4).
Dari 21 figur yang mendaftar, tujuh di antaranya gagal memenuhi persyaratan administrasi dan satu nama tidak mengembalikan formulir. Tereliminasi delapan nama itu tidak diproses lebih lanjut, termasuk tidak disurvei oleh lembaga independen.
Namun, Bobby belum mau buka-bukaan terkait 13 nama yang dibawa panitia seleksi ke Tim Sembilan Pilgub PD Kalbar tersebut. Hanya saja dia mengatakan tujuh nama yang tidak lolos seleksi administrasi itu adalah yang mendaftar sebagai calon wakil gubernur.
Lalu bagaimana dengan peluang Armyn Angkasa Alianyang yang disebut-sebut memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan survei? Menurut Bobby, peluang jenderal bintang dua itu sangat kecil untuk bisa diusulkan ke DPP, apalagi menggunakan perahu Demokrat.
“Armyn peluangnya kecil. Jika main tembak langsung ke DPP kita tidak usulkan. Karena secara etika seharusnya yang mau menggunakan perahu Demokrat harus melakukan komunikasi dengan DPD. Karena komunikasi antara figur yang mau maju dengan pengurus Demokrat mulai dari tingkat DPD sampai ke bawah harus terjalin baik,” kata dia.
Bagaimana jika DPP nantinya menetapkan nama calon di luar dari tiga nama yang diusulkan DPD Partai Demokrat Kalbar? Bobby menegaskan, risikonya akan sangat rumit, karena mesin partai bisa mati total. Tapi tentunya DPP lebih bijak dan tetap akan memerhatikan usulan DPD.
Tim Sembilan, lanjutnya, terdiri dari empat pengurus DPD dan lima dari DPP. Dia mengungkapkan, untuk DPD sendiri ada Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot, Dewan Kehormatan Partai Demokrat Kalbar Sebastianus Massardi Kaphat, Pariyadi, dan Bobby Chrisnawan.
Proses penjaringan dilakukan atas 13 nama yang tengah digodok untuk diusulkan ke Tim Sembilan. Selanjutnya dipilih tiga nama terbaik berdasarkan hasil survei yang dilakukan LSI.
Diperkirakan lembaga survei independen akan menuntaskan survei akhir April ini. Setelah itu, mekanisme selanjutnya, hasil survei akan diserahkan ke Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat yang diketuai SBY.
“Bakal calon yang masuk nominasi akan dipanggil tim penjaringan Partai Demokrat Kalbar untuk kemudian dilaporkan ke Majelis Tinggi Partai. Maksimal yang diusulkan tiga pasangan calon dengan jumlah perolehan suara tertinggi hasil survei. Tiga nama itu bisa saja Cornelis, Christiandy, dan Milton Crosby,” kata Bobby.
Sejauh itu, menurutnya PD juga buka pintu untuk koalisi kendati cukup syarat mengusung pasangan di Pilgub Kalbar. “Setelah menyelesaikan satu tahapan penjaringan, data dari para bakal calon diserahkan ke lembaga survei independen. Dan kita membuka pintu koalisi,” kata Suryadman Gidot, Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar.
Menurutnya, kajian untuk kemungkinan berkoalisi dengan partai lain ini juga menunggu hasil survei dari LSI. Tim Sembilan saat ini sedang bekerja menyusun strategi dan membuka ruang dialog dengan partai-partai politik yang ada di Kalbar.
Gidot minta agar seluruh kader Partai Demokrat dapat menahan diri dan tidak melakukan dukungan ke salah satu kandidat calon gubernur. “Selagi belum ada keputusan dari Majelis Tinggi Partai, jangan ada dukungan. Mari kita jaga soliditas partai,” pungkasnya. (jul)

Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar