Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Sabtu, 16 Juli 2011

Microsoft Works 9.0 : Office Alternatif Murah

Microsoft Works 9.0 adalah versi sederhana dari Microsoft Office. Umumnya Microsoft Works sudah terinstal dalam notebook, netbook bahkan pada PC baru. Software ini terdiri atas 5 aplikasi, yakni word processor, database, spreadsheet, calender dan dictionary. Juga terdapat PowerPoint Viewer, Works Portofolio, dan MS.

Adapun pengelolaan tool-tool yang terdapat pada Microsoft Works dilakukan melalui Task Launcher. Ini merupakan layar startup Works untuk mengakses calender dan contact. Disini anda bisa melihat semua appointment yang anda buat dan mengakses calender sampai 32 calender terpisah dari masing-masing pengguna yang berbeda. Launcher ini juga mempunyai history tab yang menampilkan semua dokumen yang baru saja dibuka.

Word Processor

Tampilan dari Word Processor Works 9.0 ini hampir mirip dengan Ms. Word versi dibawah 2007, sehingga bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Ms Word sebelum versi 2007 akan terasa sangat familiar. Namun dictionary atau kamus disediakan secara terpisah dari word processor-nya.

Seperti halnya pada Ms Word disini andapun bisa melakukan format teks, menyisipkan sebuah speadsheet. Dan Task Pane baru akan mencantumkan semua dokumen yang baru saja anda buka. Serta anda juga bisa melihat 36 templates.

Bagusnya lagi Word Processor Works 9.0 ini juga bisa digunakan untuk membuat dan meng-edit dokumen Microsoft Word 2007 dan format word yang di import dari pengolah kata lain tetap dapat dipertahankan. Namun kita tidak dapat menghitung jumlah kata untuk sebagian dokumen. Sementara itu yang dapat dilakukan adalah menampilkan semua kata dalam sebuah dokumen.

Disini anda juga tidak bisa membuat indeks atau daftar isi (table of contents). Juga tidak bisa membuat format seperti gaya koran, namun secara umum fitur-fitur yang tersedia cukup memadai jika digunakan untuk sekedar menulis laporan atupun sebuah surat.

Spreadsheet

Ini adalah versi sederhananya dari Microsoft Excel. Cukup bisa di andalkan ketika digunakan untuk menghitung rumus-rumus matematika dasar, termasuk juga membuat rumus bersyarat dan mangkalkulasi umur (menambah / mengurangi tanggal)

Juga bisa melakukan sortir data dan membuat chart. Seperti halnya pada aplikasi Word processor, aplikasi spreadsheet ini juga dapat membaca file-file Microsoft Office 2007. Ada sedikit perbedaan dengan Excel dimana kita hanya diperkenankan membuka satu worksheet saja dalam satu file. Apabila ingin membuka dokumen Excel yang memiliki beberapa worhsheet didalamnya, maka anda harus mengimportnya satu per satu. Juga tidak tersedia data 3D.

Terdapat sedikit kelemahan disini, dimana baris atau kolom mesti di seleksi satu per satu, tidak bisa sekaligus. Demikian halnya dengan sel-sel yang bersebelahan. Butuh sedikit waktu tentunya, untungnya sel-sel bisa di format dengan warna dan pola tertentu.

Database

Jika anda sudah mengenal Microsoft Access, maka aplikasi Databasenya sangat mirip. Sayangnya Database pada Works 9.0 hanya bisa bekerja dengan satu tabel saja. Record-record tidak bisa saling dihubungkan. Tidak terdapat design view. Juga ada sedikit kesulitan dalam manamai ulang field.

Tidak sama dengan aplikasi Word Processor dan Spreadsheet, disini kita tidak bisa membaca file-file database milik Access. Hanya milik Works saja yang bisa dibuka.

Jika kita membandingkan dari sisi fasilitas den kemampuan tentu saja aplikasi Microsoft Works ini kalah jauh dengan Microsoft Office, namun cukup bermanfaat, apalagi jika dilihat harganya yang jauh lebih murah dibandingkan Microsoft Office. Setidaknya ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif software legal dari Microsoft.

Info detail dan harganya bisa lihat di

http://SoftwaresAsli.com/microsoft/microsoft-works.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar