Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 05 September 2011

Fakta Tidak Cukup, Sales Letter Harus Bisa Membangkitkan Emosi Visitor

Sales letter biasanya gagal bukan disebabkan karena halaman penjualan tersebut itu tidak berisi data-data teknis yang cukup, melainkan karena susunan kalimat yang tidak menarik. Perhatian kali ini kita fokuskan kepada bagaimana membangun serangan untuk menggenggam pikiran pembaca. Mungkin Anda gagal melibatkan jiwanya sehingga gagal mendapatkan respons terbaiknya.
Coba kita ingat-ingat lagi ucapan populer dari David Ogilvy: “Anda tidak bisa membosankan pengunjung website Anda dengan diyakinkan, Anda hanya bisa menarik mereka”. Jadi untuk meyakinkan, Anda harus menghibur pengunjung. Pernyataan-pernyataan rasional dan logis sudah tidak memadai. Mengapa? Karena pengunjung website sudah pintar dan tidak bisa ditipu.
Misalnya, saat ini sudah ada script yang bisa bikin gambar bukti rekening bank atau buku tabungan seolah-olah nyata padahal palsu. Informasi ini sudah jauh menyebar sejak tahun lalu. Bukti penghasilan melalui rekening bank saat ini dianggap bukan lagi data valid akibat maraknya kasus penipuan berkedok bisnis online.
Fakta Tidak Cukup, Sales Letter Harus Bisa Membangkitkan Emosi
Untuk meyakinkan, Anda harus mampu membangkitkan emosi pengunjung website. Fakta saja nggak cukup. Sangat tepat sekali jika ada yang mengatakan bahwa keputusan pengunjung akan membeli atau tidak sifatnya sangat rasional. Selama lebih dari beberapa puluh tahun terakhir terjadi peningkatan penggunaan pendekatan yang rasional dan obyektif yang diadopsi dari ilmu-ilmu eksakta. Banyak lulusan sekolah tinggi menghasilkan pemikir yang dominan otak kiri.
Di sisi lain… Lihat juga pada pengalaman kita sehari-hari. Dalam prakteknya, ada banyak keputusan yang telah kita lakukan berdasarkan kepada paksaan, ketakutan, keserakahan, rasa cemburu, tekanan politik, maupun berdasarkan faktor manusiawi lannya. Itulah kenyataannya, emosi dan informasi yang emosional harus mendampingi fakta yang Anda sampaikan dalam sales letter.
Jadi, fakta saja tidak cukup. Anda harus membangkitkan emosi pengunjung supaya mereka tertarik membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui sales letter. Selamat berkreasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar