Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 05 September 2011

Mengubah Definisi Diri

Artikel kali ini adalah oleh-oleh dari kunjungan acara Lebaran Idul Fitri kemarin. Seperti biasa, tiap ketemu kawan lama selalu ada bahan obrolan seru. Pertanyaan paling umum adalah tentang pekerjaan. Ada yang sudah sukses jadi ‘orang’ dan ada pula yang harus jatuh bangun memulai lagi dari bawah. Masing-masing saling berargumen menguatkan pendapatnya.
Yang menarik adalah menanggapi pernyataan teman yang tiap tahun nasibnya nggak berubah. Itu-itu saja. Walau sudah ‘diceramahi’ teman-teman lainnya, biasanya dia berkilah nasib yang didapat adalah takdir dan kemampuan yang dimiliki memang segitu. Pendek kata, dia keburu memvonis diri tidak mampu untuk mencapai keberhasilan seperti layaknya teman-teman lainnya.
Teman-teman CafeBisnis, apa yang bisa kita pelajari dari sini?
Baik, kita bisa berkesimpulan bahwa kitalah yang jadi penguasa terhadap diri kita sendiri. Kita bisa mengatakan kuat dan lemah terhadap diri sendiri. Kedua kondisi tersebut adalah definisi yang kita ciptakan sendiri dalam batin kita. Buru-buru menyalahkan orang lain, dalam banyak hal masalah itu datangnya dari dalam diri kita sendiri.
Mengingat kesimpulan negatif itu adalah hasil ciptaan kita sendiri, sebenarnya kita bisa menggantinya kapan saja dan dalam keadaan apa saja tanpa harus meminta ijin dari siapapun. Untuk mengubah diri Anda dan dunia sekarang hanya membutuhkan satu orang, yaitu Anda sendiri. Itulah yang dikatakan tokoh sukses dunia.
Semudah Anda memilih definisi sebagai orang lemah, sebetulnya semudah itu pula Anda bisa memilih definisi sebagai penguasa. Kalau sekarang ngeblognya nggak sukses-sukses, barangkali Anda belum berpikiran sebagai blogger sukses sehingga terjebak kepada mindset blogger dengan kualitas biasa-biasa. Semangat berjuang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar