Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 17 Oktober 2011

Google PageRank Hilang?

Mulai kemarin dunia bisnis domain termasuk yang bersangkutan dengan PageRank heboh. Ini disebabkan semua domain sudah tidak memiliki PageRank lagi. Bahkan ketika coba dibuka sumber informasi pagerank di halaman google sendiri, tidak muncul teks apapun disana. Peristiwa ini sangat janggal sekali mengingat biasanya kalaupun ada update PageRank mayor sekalipun, hanya beberapa domain saja yang mengalami perubahan menjadi N/A dan itupun tidak selama ini.
Akankah sistem Pagerank benar-benar dihapus oleh Google? Masih belum ada informasi resmi dari perusahaan search engine raksasa ini. Tapi banyak pebisnis online berharap pagerank tidak benar-benar dihapus.
Saya sendiri sudah setahun ini tidak terlalu memperhatikan soal Pagerank mengingat saya sudah tidak banyak bermain di Pay to Review. Sehingga praktis keberadaan pagerank tidak terlalu mempengaruhi bisnis saya. Cuma bagi teman-teman yang bermain di bisnis-bisnis yang mengandalkan Pagerank, ini tentunya pukulan yang sangat telak. Apalagi ada yang investasi ribuan dollar hanya untuk membeli dan memelihara domain-domain dengan pagerank tinggi.
Walaupun sangat disayangkan, tapi saya yakin Google akan benar-benar menghilangkan system Pagerank ini. Lha sudah lebih dari setahun yang lalu diperingatkan oleh mereka bahwa pagerank tidak lebih hanya sebagai label saja. Tidak ada efek apapun terhadap hasil pencarian. Cuma, mitos ini rupanya agak sulit dihilangkan. Apalagi mereka yang belajarnya hanya lewat searching-searching doang yang sumbernya terkadang juga dapat dari searching. Walhasil trik yang puluhan tahun lalu karena di copas ke sana sini akhirnya sampai juga ke generasi sekarang. PAdahal algoritmanya sudah benar-benar berubah.

Lalu apa gunanya pagerank? 

Pagerank gunanya untuk nambah pagerank. Just for It. Hanya sebatas label. n/a dan Pagerank 10 tidak ada bedanya di mata search engine. Jadi tak perlu bangga jika dapat backlink dari PR 10 dan tak perlu sedih kalau cuma dapat backlink dari n/a.
Jadi, kalaupun pagerank benar-benar dihilangkan atau setidaknya disembunyikan dalam database tersembunyi yang hanya dipakai untuk kalangan google sendiri, sebenarnya tidak akan ada bedanya dalam SEO.
Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana nasib bisnis-bisnis yang mengandalkan pagerank seperti jual beli domain, pay to review, text link ads, atau flippa ?
Kalau ditanya ini, saya masih bisa ngasih jawaban jitu. Ada kemungkinan nanti para broker itu akan mengubah indikasi dari pagerank menjadi system perangkingan sendiri. Misalnya dibuat sebuah perhitungan yang menggabungkan antara Alexa Rank, Yahoo Backlink, umur domain dan jumlah index Google. Dengan begitu advertiser akan mendapatkan hasil yang lebih pas dan target SEO-nya akan tercapai.
Alexa rank menentukan seberapa banyak kunjungan di web itu. Makin sering dikunjungi, makin kecil Alexanya. Yahoo backlink untuk menentukan seberapa kuat web itu mendapatkan dukungan dari web-web lain dalam bentuk backlink. Sedangkan umur domain dan index google memperlihatkan seberapa sering dia update blognya. Misalnya blog dengan umur 3 tahun tapi artikel yang terindex kurang dari 36 berarti kan cuma sebulan sekali aja dia update hehehe…
Itu sih logika sederhana saya aja. Para broker itu pasti punya tim yang lebih ahli lagi untuk menentukan berapa harga sebuah web walaupun tanpa pagerank. Bisa jadi mereka akan menciptakan counter yang mampu menganalisa kualitas kunjungan suatu web. Yang jelas, satu-satunya bisnis yang kemungkinan bangkrut gara-gara ini cuma satu, penjualan domain ber-pagerank hehehe…

UPDATE

Alhamdulillah setelah muter-muter di forum dapat juga jawaban atas misteri ini. Ternyata cuma perubahan URL saja. URL yang lama seperti ini:
http://toolbarqueries.google.com/search?client=navclient-auto&hl=en&ch=62017857364&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:http%3A%2F%2Fcafebisnis.com%2F
sedangkan yang baru seperti ini:
http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&hl=en&ch=62017857364&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:http%3A%2F%2Fcafebisnis.com%2F
Dengan begini, kasus page rank hilang ditutup. Mudah-mudahan Pagerank anda pada naik semua ya. Kemungkinan nanti akan ada update untuk plugin SEOQuake yang menyesuai URL baru ini. Jika mau modif sendiri, silahkan baca thread di forum adsense-id ini:
http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/95653-Perubahan-API-Google-PR-Check-PR-N-A
Saya ucapkan selamat bagi para peternak domain hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar