Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 19 Desember 2011

39 Persen ABG Pernah Berhubungan Seks

JAKARTA - Sekitar 39 persen anak baru gede (ABG) Indonesia pernah melakukan hubungan seksual. Hal ini didasarkan pada survey DKT Indonesia pada Mei 2011.
Survey tersebut dilakukan di lima kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Dari total 663 responden, sebanyak 462 orang mengaku pernah berhubungan intim.
Ironinya, sebanyak 39 persen dari 462 responden yang mengaku pernah melakukan hubungan seks itu adalah ABG. Mereka berusia antara 15 sampai 19 tahun. Sedangkan, sebanyak 61 persen sisanya berusia 20 sampai 25 tahun.
“Survey ini memang tidak mewakili populasi. Tapi, paling tidak kita bisa menjadikan hasil survey ini sebagai acuan bagaimana perilaku seksual para remaja sekitar kita,'' ujar Country Director DKT, Todd Callahan.
Usia rata-rata pertama kali berhubungan seksual adalah 19 tahun. Enam persen pelaku seks adalah pelajar SMP dan SMA. Sebanyak 31 persen adalah kalangan mahasiswa. Para pelaku umumnya berasal dari keluarga golongan menengah dengan pengeluaran rata-rata Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta.
Hal ini tentu sungguh memprihatinkan. Temuan tersebut mengindikasikan edukasi seksual sangat dibutuhkan oleh kalangan ABG. Edukasi seks penting supaya ABG paham apa yang dimaksud seks dan bagaimana perilaku seks sehat.
''Melalui survey ini, kita bisa melihat sejauh mana remaja memahami isu tentang seks aman dan pendapat mereka tentang seks di luar nikah,'' kata Callahan. ''Survey ini juga bisa jadi bahan pertimbangan metode penyampaian seks aman yang efektif.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar