Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Jumat, 27 Juli 2012

Melorot, Demokrat Kalbar Tak Cemas

Bobby: Kami Masih Urutan Teratas

SBY, Megawati Soekarnoputri, Aburizal Bakrie
ZMS
Pontianak – Setidaknya ada tiga survei yang mengungkapkan hasil jajak tentang melorotnya elektabilitas Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDI Perjuangan. Kendati masih teratas, partai pemenang pemilu 2009 itu menukik tajam.
Dampak kasus-kasus dugaan korupsi dan karut-marut pernyataan politisinya di Senayan membuat elektabilitas partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tinggal 31,4 persen dari hasil pemilu 2009 yang 44,2 persen.
Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 2-11 Juni 2012, posisi partai berlogo mercy itu malah merosot dan berada pada peringkat ketiga. Tren kenaikan justru terjadi di Partai Golkar yang bertengger di peringkat pertama dengan jumlah dukungan 20,9 persen (Juni), naik sedikit dari survei Januari 2012 yang 18.9 persen.
Sementara PDI Perjuangan berada di posisi kedua dengan jumlah dukungan 14 persen. Yang melejit malah Partai Gerindra ke angka 6,4 persen dari sebelumnya yang hanya 1,5 persen. Partai Nasional Demokrat (NasDem) masuk lima besar dengan elektabilitas 4,5 persen.
Meski hasil beberapa lembaga survei menempatkan Demokrat di urutan ketiga, DPD PD Kalbar tidak cemas. Karena jajarannya mengaku belum melakukan kegiatan apa pun menghadapi pemilu 2014.
“Partai Demokrat belum menggeliat. Jadi kami menyikapinya dengan bekerja lebih baik dan giat agar mendapatkan kembali dukungan rakyat. Kami tidak perlu cemas menyikapi hasil survei itu,” kata Bobby CH SE, Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Kalbar, dihubungi Rakyat Kalbar via selular, Kamis (26/7).
Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot belum bisa dikonfirmasi, nomor seluler berada di luar jangkauan. Sementara Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalbar sedang umrah.
Hasil pemilu 2009 di Kalbar, Partai Demokrat menempati posisi ketiga dengan perolehan suara 230.639, di atasnya ada Partai Golkar (288.112) dan PDI Perjuangan teratas (466.012). Pemilu 2014, partai berkuasa itu menargetkan menjadi pemenang di Bumi Khatulistiwa ini. “Target 2014 kita ingin menjadi pemenang di Kalbar,” kata Bobby.
Sementara itu Soegeng Sarjadi Syndicate menempatkan Demokrat juga di posisi ketiga dengan dukungan 10,7 persen. Partai Golkar sebesar 23 persen dan PDI-P 19,6 persen.
“Memang survei sebelumnya Demokrat peringkat tiga. Wajar saja dengan adanya kasus mantan Bendahara Umum Demokrat Nazaruddin. Setiap partai besar pasti pernah mengalami fase penurunan suara karena badai internal,” kata Bobby.
Diakui Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Ketapang ini, badai yang menerpa Demokrat di tingkat nasional cukup berpengaruh di daerah dalam pencapaian target.
“Tetapi kita tetap yakin akan terus berbenah diri dengan kerja nyata dan memperbanyak program pro rakyat agar mengembalikan simpati rakyat,” tambahnya.
Bobby lantas membeberkan hasil survei Litbang Kompas, Partai Golkar disebut mendapat 6,9 persen suara lebih besar dibanding pemilu lalu yang 6,2 persen. Namun angka itu masih di bawah PD dan PDIP yang mendapat 12,8 dan 9,1 persen. “Survei Litbang Kompas kita posisi teratas,” tutup Bobby.
Untuk partai papan tengah, di urutan keenam PKS 2,5 persen, PAN 1,8 persen, PPP 1 persen, Hanura 1 persen, PKB 0,4 persen, lainnya 0,2 persen. (jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar