Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 15 Desember 2011

Kartu Natal Tertua Berumur 160 Tahun


13/12/2011 11:18 | Natal 2011
Kartu Natal tertua di dunia yang berusia lebih dari 160 tahun akhirnya dipamerkan di Ironbridge Gorge Museum, Telford, Shropshire, Inggris. Menurut situs The Sun, Selasa (13/12), kartu cetakan tahun 1843 itu dirancang oleh pegawai negeri sipil Sir Henry Cole.

Anna Flood, juru arsip di British Postal Museum and Archive, mengatakan kartu itu merupakan salah satu kartu Natal tertua di dunia yang masih dalam keadaan utuh. Kartu tersebut juga diyakini telah digunakan Sir Henry Cole untuk mengirimkan pesan Natal ke teman-temannya dan sisanya dijual.

"Sebelum ke titik ini, tidak ada catatan konkret orang yang saling mengirimkan kartu Natal ke satu sama lain. Tidak ada catatan kartu juga yang membuat referensi khusus untuk Natal," kata Flood. "Ada kartu Tahun Baru dari abad ke-18, tetapi tidak ada spesifik kartu Natal," tambahnya.

Hal itu juga diyakini bahwa kartu Natal komersil belum dirilis sampai sekitar 20 tahun kedepan setelah contoh kartu-kartu itu dibuat. "Kartu Natal belum ada sampai 1982 ketika sebuah perusahaan bernama Charles Goodall and Sons benar-benar memulai penjualan kartu Natal seperti saat ini," kata Flood.

Sir Henry Cole yang diketahui tertarik dengan seni dan desain menjual kartu-kartu Natal-nya seharga 6d dan menjadikannya sebagai benda mahal di jamannya. Kartu Natal berwarna buatan tangan John C Horsley dan sekitar 1.000 kartu cetakan lainnya hingga saat ini masih sangat sedikit yang diketahui keberadaannya. (JAY/MEL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar