Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Rabu, 25 April 2012

One by one, Cornelis Yakin Tetap Menang

Pontianak Drs Cornelis MH yakin akan memenangkan pertarungan Pemilihan Gubernur Kalbar September mendatang. Bahkan dia juga yakin menang walaupun satu lawan satu.
“Tetap menang, karena sudah empat tahun lebih saya kerja. One by one pun tetap menang. Kecuali saya tidak kerja dan ongkang-ongkang kaki,” ungkap Cornelis saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilukada (DP 4) di Balai Petitih Kantor Gubernur, Senin (23/4).
Menurutnya, keberhasilannya dalam bekerja selama empat tahun ini bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan PAD. “Makanya saya yakin. Kecuali Tuhan tidak menghendaki. Sebagaimana Tuhan Bapa mengatakan terjadilah sesuai kehendakmu seperti di dalam surga,” ujarnya mengutip doa.
Oleh karena itu, dia mengimbau KPU untuk menjalankan tahapan pilgub ini secara profesional. Terutama dalam pendataan daftar pemilih.
“Jangan ada istilah daerah ini mayoritas Pak Morkes. Di Sintang, mayoritas Milton misalnya tidak masalah. Kita bermain sebagaimana mestinya karena ini pembelajaran politik secara demokratis,” kata Cornelis.
Menurutnya, selama ini orang selalu menganggap persoalan data penduduk ini sepele dan tidak penting. Padahal negara bisa dibentuk itu harus ada wilayah yang ada manusianya. Bukan hanya sekadar wilayah atau daerah. Tetapi ada manusia yang tinggal di sana.
“Di dalam rumah kita itu ada istri, anak, dan berapa keluarga yang tinggal di sana. Selama ini yang terjadi kita selalu kurang peduli. Saya berani mengatakan ini karena masalah pemilu dan pendataan penduduk pernah di garis terdepan,” ujarnya.
Ia menambahkan, pendataan penduduk di masa Orde Lama jauh lebih teliti. Sampai saat ini jumlah penduduk Indonesia setiap sebulan sekali bisa dihitung. Berapa jumlah keseluruhannya, berapa yang lahir, berapa yang mati, dan berapa yang datang.
“Mulai dari perencanaan pembangunan, menghitung IPM, miskin atau tidak miskin, itu dilihat dari jumlah penduduk. Jangan diserahkan kepada orang lain untuk mendatanya. Libatkan perangkat yang ada hingga ke perangkat RT. Oleh karena itu saya mohon kepada para walikota dan bupati untuk turun langsung ke lapangan,” katanya.
Cornelis juga minta harus tegas dalam pendataan. Bila perlu dianggarkan khusus untuk mendata penduduk. RRC yang punya penduduk bermiliar tetapi bisa mendatanya sampai ke pulau-pulau terpencil.
“Tetapi kita bersyukur hari ini bisa menyelesaikan pekerjaan besar. Yang nanti data ini akan dipilah oleh KPU untuk menjadi daftar pemilih sementara. Kemudian DPS ini akan diumumkan. Seandainya ada data yang belum terdata ia bisa komplain,” katanya. (kie)

Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar