Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 26 April 2012

Presiden Terkesan Stan Kalbar Pembukaan Pameran Inacraft


TINJAU: Presiden SBY didampingi ibu negara meninjau langsung paviliun Kalbar pada Pameran Inacraft ke-14 tahun 2012 di Jakarta Convention Centre. ISTIMEWA
JAKARTA - Nuansa Kalbar yang khas dengan Rumah Betang, Tugu Khatulistiwa, dan Jembatan Kapuas menjadi latar belakang panggung utama acara pembukaan Pameran Inacraft ke-14 tahun 2012 di Jakarta Convention Center. “Saya serasa berada di Pontianak, ibukota Kalbar. Ada Rumah Betang, Tugu Khatulistiwa, dan Jembatan Kapuas, musik khas Kalbar berikut tariannya. Yang belum kita cicipi tinggal makanan atau kuliner khas Pontianak," ujar SBY disusul tepuk tangan hadirin. 
Presiden juga menyatakan dirinya senang bisa bertemu kembali dengan perajin yang umumnya bergerak di usaha mikro, menengah yang merupakan pahlawan ekonomi Indonesia. "Senang bisa bertemu kembali dengan perajin yang umumnya bergerak di usaha mikro, menengah yang merupakan pahlawan ekonomi kita," ungkap Kepala Negara.

Inacraft merupakan pameran kerajinan Indonesia terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak 1999. Pameran ini diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia bekerjasama dengan PT Mediatama Bina Kreasi, dan didukung beberapa kementerian dan BUMN yang terkait dengan pembinaan koperasi dan UKM.

Pameran kali ini diikuti 1.800 perusahaan kerajinan dari seluruh Indonesia yang menempati 1.237 stan. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang diikuti 1.650 perusahaan. Di samping peserta dari Indonesia, terdapat pula beberapa perusahaan dari Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Iran, dan Jepang. Transaksi dagang tahun ini diharapkan meningkat 10 persen dari tahun lalu yang mencapai 8,2 juta dolar AS dan penjualan retail sebesar Rp95 miliar.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tema pameran tahun ini mengangkat “Dari Desa yang Cerdas Menuju Pasar Global.”  Provinsi Kalimantan Barat menjadi ikon pameran yang dihelat oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia, yaitu The Exotic Borneo. Gubernur Kalimantan Barat Cornelis berterima kasih kepada pemerintah pusat karena memberikan kesempatan kepada Kalbar untuk menjadi ikon dalam pameran kali ini.

“Saya selaku kepala daerah mewakili masyarakat Kalimantan Barat, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah SBY yang memberikan kesempatan kepada Kalbar sebagai ikon pameran Inacraft tahun ini. Persiapan sudah kami lakukan untuk menyukseskan kegiatan besar yang melibatkan pengusaha kecil,” ungkap Cornelis. Kalbar memiliki sejumlah potensi kerajinan yang telah diakui kualitasnya. Namun demikian pengolahannya masih terbatas secara tradisional. “Hasil kerajinan pengrajin Kalbar sudah diakui oleh sejumlah kalangan baik nasional maupun internasional. Hanya pengolahannya masih secara tradisional dan perlu ditingkatkan lagi,” kata Cornelis.

Ketua Dekranasda Kalbar Ny. Frederika Cornelis mengungkapkan bahwa hasil kerajinan Kalbar hanya perlu dibenahi dari sisi kemasan. “Produk kerajinan Kalbar saat ini yang dibutuhkan adalah pengembangan kemasan produknya. Karena jika kemasannya bagus daya tarik dan nilai jual produknya akan semakin tinggi lagi,” ujar Frederika. Pembukaan kegiatan dilakukan oleh SBY dengan memukul kangkuang yaitu alat musik tradisional Kalbar, sebagai tanda resmi dibukanya Inacraft 2012. Paviliun Kalbar yang menampilkan produk unggulan 14 kabupaten/kota dengan desain interior yang khas dan unik mendapat pujian dari sejumlah pengunjung.

Hadir dalam kesempatan ini, antara lain, Mensesneg Sudi Silalahi, Menperin MS Hidayat, Menpar dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan Menkop dan UKM Syarif Hasan. Presiden sendiri hadir bersama Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono. Tampak pula Ketua Umum Dekranas Ibu Herawati Boediono dan Ketua Umum Asephi Rudy Lengkong. (Humas Pemprov Kalbar) 



 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar