Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 07 Mei 2012

90.856 Murid SD Ikut Ujian Nasional

Pontianak Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SD, MI, dan SDLB akan digelar pekan depan. Sebanyak 90.856 murid se-Kalbar akan bertarung dari tanggal 7-9 Mei 2012.
Pendistribusian soal sudah dilakukan mulai Senin 30 April hingga 6 Mei 2012 mendatang. “Pendistribusian soal untuk UN tingkat SD sudah dilakukan hari ini (kemarin, red) yang dimulai pada pukul 4.30 pagi. Pendistribusian ini sampai tanggal 6 Mei mendatang,” ungkap Ketua Panitia UN Kalbar Sunyata kepada Equator, Minggu (30/4).
Menurutnya, sistem pendistribusian soal sama dengan pendistribusian pada SMA dan SMP sederajat. Pendistribusian soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada 30 April dimulai dari tujuh kabupaten terjauh, meliputi Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu, Ketapang, dan Kayong Utara. Sedangkan Landak, Singkawang, Sambas, Bengkayang, dan Kabupaten Pontianak akan dilakukan pada 2 Mei 2012.
“Sedangkan untuk Kabupaten Kubu Raya, pengiriman soal ini akan dilakukan pada 3 Mei. Ini dilakukan karena Kubu Raya merupakan daerah yang cukup dekat dengan Kota Pontianak. Sedangkan untuk Kota Pontianak sendiri, soal akan mulai dikirimkan ke sekolah-sekolah pada 6 Mei 2012,” katanya.
Sunyata menegaskan, pendistribusian akan dilakukan sama seperti SMA dan SMP. Soal tetap dikawal oleh pihak kepolisian hingga tempat tujuan. Sehingga dipastikan tidak ada kebocoran.
“UN untuk tingkat SD ini, panitia menyediakan soal dan LJK cadangan. Karena soal dan LJK ini pencetakannya dilakukan di Kalbar. Sehingga untuk cadangan bisa dilakukan. Sedangkan untuk paket soal menggunakan paket 1, 2, 3, dan 4,” paparnya.
Pelaksanaan UN tingkat SD tidak menyertakan pengawas dari perguruan tinggi. Begitu juga dengan penentuan kelulusan ditetapkan oleh masing-masing subrayon. Berbeda dengan tingkat SMP dan SMA yang hasilnya ditentukan oleh pusat.
“Penentuan kelulusan untuk tingkat SD berbeda dengan penentuan kelulusan tingkat SMA dan SMP. Kelulusan untuk SMA dan SMP 40 persen dari sekolah dan 60 persen dari hasil ujian nasional. Sedangkan untuk kelulusan tingkat SD, ditentukan oleh sekolah dan rapat dewan guru,” jelas Sunyata.
Sunyata menyampaikan bahwa peserta UN untuk tingkat SD, MI, dan SDLB tahun ini meningkat 9,6 persen dari tahun lalu. “Pada tahun lalu, kelulusan untuk tingkat SD 100 persen. Tahun ini mudah-mudahan lulus 100 persen lagi seperti tahun lalu,” harapnya.
Sedangkan pelaksanaan ujian susulan tingkat SMP akan dilangsungkan dari kemarin (Senin, 30/4) hingga Kamis 3 Mei 2012. Pelaksanaan ujian susulan untuk SMP ini akan berlangsung sama dengan SMA.
“Pelaksanaannya sama dengan tingkat SMA kemarin. Namun sampai sekarang masih belum ada data pasti berapa jumlah siswa yang mengikuti ujian susulan ini. Siswa yang mengulang tetap di sekolahnya masing-masing dan dengan sistem pengawasan yang sama,” jelas Sunyata. (kie)


Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar