Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 01 November 2012

Masih Ada 1 Juta Hektare Peluang untuk Sawit

Kalimantan Barat dengan kekayaan sumber daya alamnya memiliki potensi luar biasa di sektor agribisnis. Perkebunan kelapa sawit adalah di antaranya. Bahkan masih ada peluang 1 juta hektare untuk lahan sawit.
Hingga saat ini baru 500 ribu hektare lahan sawit yang sudah tergarap dari 1,5 juta hektare lahan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Kalbar Drs Christiandy Sanjaya SE MM beberapa waktu lalu.
Untuk itu akan dievaluasi oleh pemprov terhadap izin perkebunan sawit yang tidak jalan atau tidak realisasi di lapangan. Jika diketahui izin yang sudah dikeluarkan untuk perkebunan sawit tidak dilaksanakan atau tidak operasional di lapangan, maka pemprov akan merekomendasikan untuk dicabut. Namun sebelum dicabut hendaknya dilakukan penyelidikan terlebih dahulu di lapangan.
Hal ini dilakukan untuk memberikan peluang kepada perusahaan perkebunan sawit yang benar-benar ingin membuka perkebunan sawit di Kalbar. Sebab jika izin itu tidak dijalankan maka investor yang berkeinginan masuk akan mengalami kesulitan untuk masuk ke Kalbar karena lahannya sudah habis.
Pihaknya juga akan mengecek izin areal perkebunan sawit yang sudah dikeluarkan oleh bupati. Jika luas secara keseluruhan sudah melebihi 1,5 juta hektare, maka pihaknya akan melakukan evaluasi untuk mencabut beberapa izin.
Ia menambahkan, pihaknya mengharapkan agar situasi dan kondisi yang kondusif seperti sekarang ini dapat terjaga dan dipelihara dengan baik. Sebab dengan kondisi yang aman dan kondusif seperti ini akan banyak investor yang masuk ke Kalbar. Selanjutnya diharapkan dengan masuknya investor ke Kalbar dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat, khususnya dalam hal penerimaan tenaga kerja.
Namun sebaliknya jika investor masuk tetapi tidak ada nilai tambah bagi masyarakat, maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan masalah di masyarakat. (ray)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar