Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 01 November 2012

Sawit Jadi Primadona di Kalbar

Tren pertumbuhan komoditas kelapa sawit terus berada pada level positif. Ini menjadikan kelapa sawit bakal tetap menjadi primadona ekspor di tahun 2012. Tak heran pula Kalbar dengan potensinya menjadi daerah primadona untuk agrobisnis ini.
Pengusaha muda Kalbar, Bobby Chrisnawan SH mengungkapkan, investasi di bidang perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Lebih dari satu juta hektare lahan sawit telah digarap dan menjadi lahan produktif.
“Kondisi positif tersebut tentunya akan memacu pendapatan ekonomi daerah dan masyarakat Kalbar,” ujar Bobby yang juga pengusaha sawit ini.
Namun kendala yang masih dihadapi saat ini oleh investor sawit adalah dalam hal angkutan produksi CPO atau minyak mentah ke tujuan ekspor. Pasalnya sarana pelabuhan yang ada saat ini belum memadai untuk beroperasinya armada kapal berkapasitas besar.
Saat ini pihak Pelindo II masih mengupayakan pengerukan alur Sungai Kapuas hingga memadai guna memperlancar angkutan kapal besar yang menghabiskan dana miliaran rupiah setiap tahunnya.
Karenanya diharapkan adanya sinergi antara berbagai pihak, baik itu pemerintah baik pusat maupun daerah, anggota legislatif, dunia usaha, dan masyarakat sehingga sarana dan prasarana yang menunjang berbagai aspek pembangunan dapat tercipta. Dengan begitu apa yang dicita-citakan dari program pembangunan pemerintah pusat dan daerah dapat tercapai dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. (ray)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar