Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Jumat, 18 Januari 2013

Mendagri Restui Pembangunan IPDN Segedong

Lahan Seluas 95,6 Hektare Dibebaskan

Mendagri Gamawan Fauzi
Mendagri Gamawan Fauzi beserta tamu undangan di lokasi pembangunan IPDN Kampus Kalbar di Segedong
Segedong – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Gamawan Fauzi menepati janjinya meninjau lokasi pendirian Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Kalimantan Barat di Desa Purun Besar, Kecamatan Segedong, Kabupaten Pontianak, Senin (14/1) sekitar pukul 16.00 sore.
Mendagri merestui pembangunan kampus di atas lahan seluas 95,6 hektare tersebut. “Saya setuju dengan pembangunan kampus IPDN di sini (Segedong, red). Silakan mulai dikerjakan pembangunannya,” instruksi Mendagri di hadapan para pejabat dan tamu undangan yang hadir dalam acara peninjauan lokasi pembangunan kampus IPDN.
Mendagri menjelaskan, pembangunan IPDN Kampus Kalimantan Barat di Desa Purun Besar menjadi salah satu di antara delapan kampus IPDN yang tersebar di Indonesia.
Menurut Mendagri, keberadaan IPDN itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sumber daya aparatur pemerintahan di seluruh wilayah Indonesia.
“Praja jebolan IPDN sangat dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi di 524 daerah baik di pemerintahan provinsi, kabupaten, kota, Kemendagri, 12 kabupaten baru, dan daerah administratif di Jakarta. Tidak akan cukup jika hanya mengandalkan IPDN Jatinangor,” tuturnya.
Sebagai bentuk keseriusan dukungannya terhadap realisasi pembangunan IPDN di Segedong, Gamawan mengaku pihaknya telah menyiapkan dana awal sebesar Rp 40 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pematangan lahan dan pembangunan fisik awal. “Kita targetkan pembangunan IPDN Kampus Kalimantan Barat di Kabupaten Pontianak ini akan rampung realisasinya pada tahun 2014 mendatang,” prediksinya.
Lebih jauh, Gamawan mengajak semua pihak untuk berpartisipasi mendukung realisasi pembangunan IPDN Kampus Kalbar tersebut. Sebab pembangunan kampus IPDN di Desa Purun Besar diyakini akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan masyarakat.
“Pembangunan ini merupakan hal yang sangat baik. Karenanya, mari kita wujudkan dan sukseskan pembangunannya bersama-sama,” ajaknya.
Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri Diah Anggraini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Pontianak yang telah bersama-sama mempersiapkan lahan untuk pembangunan IPDN Kampus Kalimantan Barat.
“Alhamdulillah gayung bersambut, tokoh masyarakat dan tokoh agama bersama bupati dapat mengupayakan pembebasan lahan seluas 95,6 hektare untuk dibangun Kampus IPDN Kalimantan Barat,” ucapnya.
Sementara itu, Bupati Pontianak H Ria Norsan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pontianak telah menuntaskan proses pembebasan lahan seluas 95,6 hektare. Dan saat ini sedang berlangsung proses sertifikasi lahan. Jika sertifikasi tersebut telah tuntas, maka secepatnya akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kalbar guna melaksanakan proses lebih lanjut.
“Tentu saja kami bersama-sama Pemprov Kalbar sangat siap membangun infrastruktur penunjang lainnya yang diperlukan untuk mendukung realisasi kampus IPDN ini. Seperti instalasi air dan listrik yang sudah tersambung. Mudah-mudahan pada akhir 2014 mendatang, penempatan praja sudah dapat dilakukan,” harapnya.
Usai memberikan arahan, Mendagri didampingi Sekretaris Daerah (Setda) Kalbar M Zeet Hamdy Asshovie, Bupati Pontianak H Ria Norsan, dan Setda Kabupaten Pontianak Gusti Ramlana beserta pejabat lainnya meninjau peta bidang tanah lokasi, denah gedung, dan maket gedung IPDN Kampus Kalimantan Barat.
Selain Mendagri, kunjungan tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat teras di lingkungan Kementerian Dalam Negeri seperti Rektor IPDN Prof Dr Nyoman Sumaryadi, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman, Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Sutrisno, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Reydonnyzar Moenek, Kepala Biro Hukum Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrullah, dan beberapa pejabat lainnya. (fia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar