Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 14 Agustus 2012

KPU Sosialisasi ke Semua Lini

Pontianak – Bercermin dari Pilgub Kalbar 2007 dengan angka golongan putih (golput) alias tidak memilih begitu besar, jadi kepedulian KPU Kalbar. Menyikapinya, penyelenggara pilkada ini berencana akan sosialisasi ke semua lini.
“Kita akan melakukan sosialisasi ke semua lini. Mulai dari KPU provinsi, kabupaten/kota, sampai ke tingkat paling bawah. Supaya kesadaran masyarakat untuk memilih ini semakin tinggi,” tutur Ketua KPU Kalbar AR Muzammil MSi menjawab Rakyat Kalbar via selular, Minggu (12/8).
Menurutnya, sejauh ini KPU Kalbar sudah melakukan sosialisasi lewat media massa. Memasang spanduk dan alat peraga. Termasuk saat pengundian nomor urut pasangan calon disiarkan secara live di televisi lokal. “Insya Allah untuk debat kandidat nanti juga akan kita siarkan secara live di televisi nasional,” tuturnya.
Muzammil mengatakan orang memilih atau tidak itu tidak bisa dipaksakan karena merupakan hak setiap warga negara. Hanya saja diharapkan masyarakat tidak ada yang tidak hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Di Kalbar ini partisipasi masyarakat untuk memilih termasuk tinggi. Bahkan saat pilkada di Kabupaten Melawi tahun 2010 yang lalu mencapai 91 persen. Dari Januari hingga Juni, pelaksanaan pilkada yang ada di Kalbar ini, Melawi menempati posisi tertinggi partisipasi pemilihnya,” jelas Muzammil.
Ia berharap untuk mensosialisasikan pilgub ini tidak hanya dari KPU saja. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat juga sangat dibutuhkan.
“Termasuk pasangan calon sangat berperan aktif dalam mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Partai-partai juga bergerak dalam proses pembelajaran politik supaya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya semakin tinggi,” tutupnya. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar