Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 06 Desember 2011

Seorang Remaja Selamat dari Praktik Perdagangan Manusia

Resah karena telah lama menunggu, hal itulah yang dirasakan Jasmi. Sudah lebih dari enam jam, Jasmi menunggu kedatangan putri tunggalnya Yelmi Rosa Kosasi, Selasa (3/8) malam. Kegelisahan Jasmi semakin memuncak, saat kedatangan pesawat yang membawa anaknya tertunda selama dua kali.

Namun, penantian Jasmi berakhir setelah Rosa hadir di depan matanya. Rosa adalah korban human trafficking yang berhasil kabur. Dia kembali ke pangkuan ibunya, setelah diselamatkan Arsinah Sumatro seorang relawan buruh migran yang baru saja mendapatkan Liputan 6 Awards.

Gadis berusia 18 tahun itu, dijual oleh bibi tirinya atas persetujuan ayah kandung Rosa sendiri. Rosa diberangkatkan ayah kandungnya ke Malaysia untuk bekerja di sebuah rumah makan. Namun sampai di Malaysia, Rosa justru bekerja di toko kelontong. Dua bulan bekerja di toko kelontong tanpa gaji, Rosa justru akan dijual sang pemilik toko ke Kuala Lumpur.

Sejak satu setengah tahun lalu, Rosa pergi meninggalkan ibunya. Lulus sekolah menengah pertama, Rosa dibawa oleh ayahnya Ahmad Joni ke Jakarta, untuk melanjutkan sekolah. Namun, Rosa hanya setahun merasakan pendidikan di bangku sekolah lanjutan tingkat atas. Tiga bulan lalu, Rosa dikirim Ahmad Joni ke Malaysia.(IDS/ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar