Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Rabu, 23 Mei 2012

Kelulusan UN SMA Diumumkan 26 Mei

Pontianak – Harap cemas para siswa peserta ujian nasional tingkat SMA, MA, SMALB, dan SMK, akan berakhir karena pengumuman kelulusan akan diumumkan Sabtu (26/5).
“Tanggal pengumuman sampai saat ini masih belum ada perubahan, tetap 26 Mei. Kemudian untuk tingkat SMP, MTs, dan SMPLB tanggal 2 Juni, setelah itu baru tingkat SD, MI, dan SDLB tanggal 16 Juni,” ungkap Ketua Panitia UN Kalbar, Sunyata kepada Equator, Senin (21/5).
Pemindaian untuk tingkat SMA dan SMP sederajat ditangani oleh pihak Universitas Tanjungpura. Hasilnya sudah dibawa oleh Untan ke pusat pengembalian hasil oleh provinsi. Kemudian H-2, kepala dinas kabupaten/kota atau diwakili ketua penyelenggara UN masing-masing daerah untuk penyerahan hasil.
“Jadi untuk kelulusan tingkat SMA dan SMP sederajat masih ditetapkan di pusat. Hasil UN akan digabung dengan nilai rapor yang sudah dikirim ke pusat. Hasil kelulusan secara keseluruhan 60 persen hasil UN dan 40 persen dari nilai rapor,” ujarnya.
Untuk tingkat SD, MI, dan SDLB masih ditentukan oleh kepala rayon yang ada di daerah masing-masing. Termasuk juga untuk cetak soal dulu masih dicetak di daerah.
“Saya berharap proses pengumuman kelulusan nanti berjalan lancar tanpa hambatan. Bagi yang berhasil lulus meluapkan kegembiraan dengan sewajarnya saja. Luapkanlah kegembiraan lebih kepada pendekatan syukur kita kepada Allah SWT,” imbau Sunyata.
Ia menambahkan, para siswa hendaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala sekolah dan guru yang telah membimbing, membina selama menempuh pendidikan. Tidak melakukan pawai kendaraan, coret-coret baju, dan lain sebagainya.
“Bagi siswa yang belum berhasil ini sebagai introspeksi dan evaluasi diri untuk keberhasilan tahun depan. Jangan sampai kegagalan ini menjadikan frustrasi. Tetapi jadikanlah sebagai introspeksi supaya ke depan lebih baik lagi. Tidak lulus bukan berarti gagal tetapi hanya kesuksesan yang tertunda,” katanya.
Terpisah, salah satu orang tua siswa, Juharna, berharap besar kepada anaknya supaya bisa lulus UN. Bila perlu lulus dengan nilai yang baik sehingga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di sekolah yang berkualitas.
“Setiap orang tua pasti berharap anaknya lulus. Apalagi anak saya ini yang bungsu mempunyai semangat belajar yang tinggi. Jadi kami berharap ia bisa melanjutkan pendidikannya,” katanya optimis anaknya lulus.
Karena dari jauh hari sebelum dilaksanakan UN anaknya sudah diarahkan untuk belajar. “Kita tunggu saja pengumuman nanti. Yang jelas kita selalu berdoa bisa lulus dan mendapatkan nilai yang baik. Sehingga membanggakan orang tua,” harapnya. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar