Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Rabu, 23 Mei 2012

LJK SMP dan SMA Proses Pemindaian

UN SD Selesai
 
Pontianak – Sampai hari terakhir laporan tim monitoring se-Kalbar, pelaksanaan ujian nasional (UN) berjalan lancar. Tidak ditemukan kekurangan soal maupun lembar jawaban komputer (LJK), maupun kebocoran soal.
“Sampai hari ini (Rabu, 9/5) semuanya berjalan sesuai rencana dan tidak ditemukan kebocoran soal,” kata Sunyata, Ketua Panitia UN Kalbar, kepada Equator, kemarin.
Sementara UN sekolah dasar juga tidak ditemukan hambatan berarti dan berakhir kemarin. Untuk ujian susulan tingkat SD, MI, dan SDLB akan dilaksanakan seminggu setelah ujian pertama.
Laporan sementara dari tim, masih belum diketahui berapa jumlah siswa yang akan mengikuti ujian susulan. Sekarang untuk SMA dan SMP masih dalam proses pemindaian yang dalam hal ini ditangani oleh tim dari Universitas Tanjungpura.
“Pemindaian soal baru mencapai 190 ribu soal yang selesai dari total keseluruhan 260 ribu soal untuk SMA dan SMP. Pengumuman kelulusan untuk tingkat SMA akan dilakukan pada 26 Mei, sedangkan untuk SMP pada 2 Juni, dan 20 Juni untuk SD,” jelas Sunyata.

SD selesai

Sementara itu ujian nasional tingkat sekolah dasar (SD), madrasah ibtidaiah (MI), dan SD luar biasa (LB) sudah selesai Rabu (9/5). Tiga hari bergelut dengan soal, kemarin anak-anak begitu keluar ruang langsung mengembangkan senyum.
“Alhamdulillah, semua siswa lancar dan tidak ada masalah dalam mengerjakan soal. Tahun ini juga suasana UN kondusif dan dari pihak kepolisian juga ikut mengawasi setiap hari,” ungkap Karsiman, Kepala Sekolah SDN 02 Pontianak Utara kepada Equator, kemarin.
Suasana gembira juga merangkul para siswa-siswi SD di Kota Pontianak dan Kubu Raya. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di hari terakhir tidak sulit diselesaikan.
Menurut Karsiman, pihak sekolah sangat terbantu dengan pengawasan dari aparat kepolisian. Terutama dari Polsek Pontianak Utara yang diterjunkan ke masing-masing sekolah untuk mengawasi dan mengamankan pelaksanaan UN selama tiga hari.
Tak hanya bisa lulus, tapi juga memperoleh nilai yang baik. Karena jika nilai rendah, takut susah diterima di sekolah negeri. “Peserta UN di sekolah kita tahun ini sebanyak 48 siswa. Alhamdulillah, tahun lalu kita berhasil lulus 100 persen. Tentunya di tahun ini kita juga optimis 100 persen pula,” tekadnya.
Sedangkan Kepala SDN 38 Pontianak Utara Abdul Hamid selain berharap siswanya lulus semua juga kualitas nilai semakin baik. “Sekolah tak hanya menargetkan, tetapi mempersiapkan segalanya jauh hari. Seperti persiapan belajar dan mental siswa,” katanya.
Sejak empat bulan sebelum UN sekolah sudah melakukan bimbingan belajar sehingga benar-benar siap tempur. Ia juga lega, dari 7 hingga 9 Mei 2012 semua lancar. Semua siswanya hadir dan berhasil menempuh ujian tanpa keluhan. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar