Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 09 Juli 2012

Gubernur: Puasa Tanpa Biarpet

Daniel: Mesin 20 MW di Singkawang akan Dioperasikan

Pontianak – Sebenarnya Gubernur Cornelis sudah risau dengan kondisi biarpet listrik PT PLN di Kalbar. Tapi BUMN penyedia setrum itu terbentur pada suku cadang mesin yang tak kunjung tiba.
“Pokoknya, yang pasti saya berharap selama bulan puasa tidak ada lagi biarpet listrik kita, terutama saat-saat umat muslim menjalankan ibadah. Karena akan mengganggu kekhusyukan,” tegas Gubernur Cornelis kepada Equator di Gedung DPRD Kalbar, Jumat (6/7).
Menjelang Ramadan sebentar lagi, masyarakat Kota Pontianak dan Kalbar umumnya sangat berharap kepada PT PLN untuk tidak ada pemadaman, apa pun alasannya. Terlebih di saat-saat umat Islam sedang berbuka, menunaikan Salat Maghreb dan Tarawih hingga sahur.
Selaku kepala daerah, Cornelis ingin permasalahan mesin tua pembangkit listrik bisa diselesaikan PT PLN. Apakah itu masalah bahan bakar, suku cadang, karut-marut mesin yang sudah tua, untuk segera diselesaikan.
“Sudah kita tegaskan kepada PLN untuk segera diselesaikan, agar tidak sering biarpet. Mereka memang menargetkan selesai sebelum bulan puasa. Kita tunggu saja,” ujar Cornelis.
Saat melakukan pertemuan dengan pihak PT PLN, gubernur mengatakan pihak PLN sudah menjelaskan permasalahan biarpet. Karena menunggu spare part yang belum kunjung tiba lantaran harus didatangkan dari luar Kalbar. Butuh waktu pengiriman yang tidak sebentar membuat belakangan listrik kerap padam.
“Masalahnya ada di mesin dengan menunggu pengadaan spare part. Saat wapres ke sini, masalah PLN juga sudah kita sampaikan, ini menjadi evaluasi pemerintah pusat ke depan,” tutur Cornelis.
Sementara itu, General Manager PT PLN Kalbar Daniel S Bangun mengaku kekurangan pasok listrik Kalbar sebesar 20 MW yang pembangkitnya akan ditempatkan di Kota Singkawang, sudah sampai.
“Sembilan unit mesin Caterpillar 3516 di Kota Singkawang sudah datang yang masing-masing berkekuatan 1 MW. Mesin itu disewa oleh PT PLN Wilayah Kalbar dari PT Sumber daya Sewatama,” ungkap Daniel usai menghadiri acara silaturahmi bersama Wapres dan bupati/walikota se-Kalbar di Pendopo beberapa hari lalu.
Daniel menjelaskan, kendati sudah tiba, namun sebelum dioperasikan seluruh mesin yang ada tidak dapat langsung tersambung ke seluruh pelanggan. Harus melalui beberapa prosedur baku yang diperkirakan akan mulai beroperasi paruh Juli 2012 ini.
“Memang untuk mesin yang datang ini tidak serta-merta kita sambungkan ke pelanggan PLN. Kami juga mengadakan pelatihan menggunakan mesin selama beberapa hari untuk para teknisi di sana. Kemungkinan besar pertengahan Juli PLTD berkekuatan 20 MW sudah bisa beroperasi,” janjinya dengan senyum.
Meskipun saat ini mesin Caterpillar 3516 lumayan membantu, namun Daniel tidak berani menjamin bakal tiada lagi biarpet yang membuat kesal seluruh masyarakat Kalbar. Daniel berharap masyarakat sadar untuk berhemat listrik maka biarpet dapat dikurangi.
“Memang untuk satu mesin mampu menyuplai listrik untuk sekitar 20 ribu rumah. Tetapi kalau masyarakat tidak berhemat, ya, kita tidak berani menjamin,” kata Daniel.
Dia mencontohkan, saat musim hujan semua akan mengurangi penggunaan air conditioner (AC) dan kipas angin. Beda jika musim panas dan siang hari yang memerlukan tenaga listrik yang cukup besar. “Sehingga kalau masyarakat belum sadar menggunakan listrik, biarpet dapat saja kembali terjadi,” papar Daniel.
Terhadap persiapan bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari, Daniel berjanji PLN mengusahakan secepatnya mesin yang ada di Kota Singkawang dapat beroperasi.
“Jadi pemadaman bergilir tidak lagi dilakukan PLN. Kami berharap sebelum puasa mesin bantuan sebesar 20 MW ini sudah dapat dioperasikan,” pungkas Daniel. (dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar