Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 09 Juli 2012

Semua Kandidat Gubernur Sehat

Balon Walkot Singkawang Oke

Pontianak – Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar dinyatakan sehat. Begitulah hasil tes kesehatan seperti diumumkan KPUD Kalbar, Senin (2/7).
Sehat menurut KPUD, tentulah setelah menerima hasil tes kesehatan pada minggu lalu dari otoritas pemeriksa kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabar. Karena itu empat pasangan calon dinyatakan lolos tes verifikasi kesehatan.
“Keempat calon pasangan gubernur dan wakil gubernur itu adalah Tambul Husin-Barnabas Simin, Armyn Ali Anyang-Fathan A Rasyid, Cornelis-Christiandy Sanjaya, dan Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid. Mereka dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan mampu secara rohani dan jasmani,” ungkap AR Muzammil, Ketua KPUD Kalbar, Senin (2/7).
Proses verifikasi kesehatan diumumkan untuk dilengkapi dan diperbaiki. Persyaratan tes kesehatan yang dilakukan bulan lalu itu menjadi satu kesatuan sebagai dasar memenuhi syarat calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diumumkan kembali pada 6 Agustus mendatang.
“Hasil kesehatan ini merupakan rangkaian dari seluruh kesatuan syarat yang akan diumumkan pada 6 Agustus nanti,” kata Muzammil.
Muzammil menyampaikan, hasil pemeriksaan kesehatan ini merupakan jawaban dari beberapa pertanyaan serta asumsi dari banyak pihak yang diterima KPUD, menyatakan para calon bakal gubernur dan wakil gubernur ada yang tidak sehat. “Seperti ada calon yang dinyatakan sakit dan tidak mengikuti beberapa tahapan. Padahal kewenangan menjawab itu ada pada ketua tim pemeriksa Ivan R Lumban Toruan SpPD dan bukan di KPUD. Kami hanya memiliki kewenangan memberikan informasi,” jelasnya.
Sebelumnya bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Mayjen TNI Armyn Ali Anyang-Fathan A Rasyid menjalani tes kesehatan fisik di Rumah Sakit Umum Daerah Soedarso Pontianak, mulai pukul 07.30 dan selesai sekitar pukul 10.30.
Di hari Senin (18/6) bakal pasangan calon Tambul Husin-Barnabas Simin juga menjalani tes kesehatan di RSUD Soedarso Pontianak. Sedangkan Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid menjalani tes kejiwaan di RS Khusus Pontianak di Jalan Ali Anyang. Disusul bakal pasangan calon Cornelis-Christiandy Sanjaya juga menjalani tes kesehatan jiwa di Rumah Sakit Khusus Pontianak.

Calon Walikota Singkawang

Empat pasangan bakal calon (balon) peserta Pemilihan Walikota (Pilwako) Singkawang 20 September mendatang juga dinyatakan lolos tes kesehatan dan kejiwaan. Sehingga dinilai sanggup menjalankan tugas sebagai kepala dan wakil kepala daerah.
“Empat pasangan yang telah mendaftar di KPUD dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani untuk melaksanakan tugas sebagai Walikota dan Wakil Walikota Singkawang,” kata Solling SH, Ketua KPU Kota Singkawang ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/7).
Empat pasangan balon yang dinyatakan lolos tes kesehatan dan kejiwaan itu terdiri atas Henoch Thomas-Rozanuddin (Hero), Nusantio Setiadi-Tasman (Nusantara), Hasan Karman-Ahyadi (HK-AD), dan Awang Ishak-Abdul Muthalib (A2).
Solling mengatakan, hasil tes kesehatan dan kejiwaan itu diterima KPU Kota Singkawang dari Ketua Tim Dokter dr Ruchanihadi SpPD, kemarin sekitar pukul 14.00. “Hasil pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dilengkapi oleh Balon pasangan di pilwako 2012,” kata Solling.
Setelah salah satu persyaratan ini dipenuhi, jelas Solling, KPU langsung mengirimkan surat kepada balon, bila masih terdapat persyaratan yang belum dipenuhi. “Artinya hasil pemeriksaan tes kesehatan ini juga belum menjadi final, apakah pasangan tersebut dinyatakan lolos menjadi peserta pilwako nanti,” katanya.
Untuk memenuhi persyaratan lainnya, tambah Solling, balon masih diberikan waktu hingga 9 Juli mendatang. “Masih ada waktu bagi pasangan balon sampai 9 Juli guna memenuhi seluruh persyaratan untuk maju menjadi peserta Pilwako Singkawang, dan siapa yang benar-benar lolos akan diumumkan pada 4 Agustus 2012,” ungkapnya.
Ketua Tim Dokter dr Ruchanihadi SpPD menyebutkan apa yang telah disampaikan ke KPU Kota Singkawang merupakan hasil pemeriksaan yang dilakukan selama dua kali, yakni di RS Jiwa dan RSUD Abdul Aziz. Setelah itu, pada Kamis (26/6) telah dilakukan rapat pleno.
“Artinya apa yang kita umumkan dalam tahapan pemeriksaan, merujuk kepada lampiran KPU yakni form model BB5, yaitu bakal pasangan calon peserta pilwako mampu atau tidak dalam menjalankan tugas sebagai walikota dan wakil walikota,” jelas Ruchanihadi. (dna/dik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar