Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 20 Maret 2012

Cegah Konflik, Intensifkan Komunikasi Antarumat

Sukadana. Pemuka lintas agama di Kabupaten Kayong Utara satu hati untuk menjaga kerukunan antarumat beragama. Komunikasi antarpemuka agama di daerah ini senantiasa membangun komunikasi yang baik sebagai bentuk upaya antisipasi konflik antaragama serta provokasi yang terjadi di luar Kayong Utara.
Acara silaturahmi Kamtibmas dalam rangka cipta kondisi harmonis antarumat beragama dan keberagaman etnis yang difasilitasi Polres Ketapang beberapa waktu lalu, disambut positif pemuka lintas agama di Kayong Utara.
Pemuka agama Islam sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kayong Utara, H Ilham M Salin mengungkapkan, kerukunan umat beragama harus selalu dipelihara. Jika ada masalah kecil hendaknya dengan cepat dikomunikasikan. “Kita di Kayong Utara selalu membangun komunikasi yang baik dengan pemuka agama lain seperti Kristiani. Setiap ada masalah sekecil apa pun selalu kita komunikasikan secara intensif, sehingga hubungan kami selalu harmonis dan begitu pula dengan umat lainnya,” jelasnya.
Hal senada juga dikemukakan Pembina Umat Kristiani Kayong Utara, Daniel Palino, S.Th. Dikatakannya, komunikasi antarumat beragama perlu dibangun sehingga setiap ada masalah dapat dibicarakan dengan baik tanpa anarkis. “Pertemuan pemuka lintas agama yang difasilitasi Polres Ketapang beberapa waktu lalu sangat positif. Semoga pertemuan-pertemuan seperti ini dapat sering dilakukan agar dapat menambah keakraban antarsesama umat beragama,” ujarnya.
Kapolres Kabupaten Ketapang AKBP Badya Wijaya SH sengaja menggelar acara tersebut. Selain silaturahmi bersama antarumat beragama, juga mengajak umat beragama agar tidak mudah terpancing isu yang membuat situasi tidak kondusif. Terlebih, akhir-akhir ini sempat terjadinya gesekan antarkelompok di Pulau Jawa.
Kegiatan yang diselenggarakan Polres Ketapang tersebut tidak hanya mengundang tokoh lintas agama. Namun juga mengundang pejabat eksekutif dan legislatif dari Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.
Pejabat eksekutif dari Kayong Utara diwakili Sekda Kayong Utara, H Hendri Siswanto, S.Sos dan Asisten I Setda Pemkab Kayong Utara, Drs H Malik Madjeri. Dalam pertemuan itu, Sekda Kayong Utara berharap toleransi antarumat beragama dapat lebih ditingkatkan.
Dikatakannya, kerukunan umat beragama di Kayong Utara sejauh ini cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan, warga Kayong Utara yang berbeda agama namun bisa hidup rukun dan damai. Kepada seluruh pemuka agama khususnya di Kayong Utara diharapkan senantiasa memberikan pemahaman kepada umatnya agar tidak mudah terprovokasi masalah propaganda negatif yang bernilai SARA. (lud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar