Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 20 Maret 2012

Mahasiswa Sekadau Cinta Damai

Mahasiswa dan Pemuda Gelar Diskusi

Diskusi kebangsaan dihadiri 17 organisasi mahasiswa dan pemuda Kota Pontianak
Hakim
Diskusi kebangsaan dihadiri oleh 17 organisasi mahasiswa dan pemuda Kota Pontianak di aula rumah dinas Wakil Walikota Pontianak
Sekadau – Mahasiswa itu generasi penerus yang punya kesadaran intelektual, seperti ditunjukkan 39 mahasiswa asal Kabupaten Sekadau yang kuliah di Pontianak. Kemarin sore, mereka memilih pulang untuk memberikan penjelasan kepada para orang tua dan warga bahwa Kota Pontianak sudah sangat kondusif.
“Mereka memilih pulang karena inginkan kedamaian,” ujar AKBP Andreas Widihandoko SH, Kapolres Sekadau kepada Equator di Mapolres Sekadau, sore kemarin.
Mereka diberangkatkan dari Pontianak menggunakan Bus Damri dikawal pihak kepolisian dari Polres Sekadau. Tiba di Mapolres Sekadau sekitar pukul 16.30.
“Sebenarnya ada banyak mahasiswa Sekadau di Pontianak. Tapi mereka tenang karena situasi di Pontianak sudah pulih. Kebanyakan yang pulang karena sedang liburan,” ucap Widi.
Dijemput 15 anggota polisi dari berbagai kesatuan, dijemput dengan bantuan Brimob Polda untuk dibawa ke Sungai Pinyuh, kemudian langsung ke Sekadau.
Sebelumnya, para orang tua meminta Pemda Sekadau untuk memfasilitasi kepulangan anaknya ke kampung karena mobil angkutan umum ke Pontianak sedikit yang beroperasi. Atas dasar itu, Wakil Bupati Sekadau Rupinus SH MSi meminta agar Kapolres Sekadau mau membantu menjemputnya.
“Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolres dan Wakapolres Sekadau yang mau membantu turun langsung menjemput mahasiswa kita,” ujar Rupinus.
Menurut Rupinus, sejauh ini ada sekitar 1.000 lebih mahasiswa asal Sekadau yang kuliah di Pontianak. Dari jumlah itu, 39 orang memilih pulang. “Sisanya yang lain masih bertahan di Pontianak karena situasi di Kota Pontianak sudah sangat aman,” lanjutnya.
Rupinus mengharapkan para mahasiswa yang pulang ke Sekadau tidak memberikan informasi yang memanaskan suasana. “Pontianak sudah kondusif. Jadi katakanlah yang sebenarnya. Jangan memberikan informasi yang bukan-bukan,” tukasnya.

Diskusi kebangsaan

Di Pontianak, organisasi mahasiswa ekstrakurikuler masih eksis untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya rasa kebangsaan. Menyikapi situasi pascabentrok antara dua kelompok massa, forum organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan Kota Pontianak menggelar diskusi kebangsaan di aula rumah dinas Wakil Walikota Pontianak Paryadi SHut.
“Diskusi kebangsaan ini untuk membuat pernyataan sikap terkait masalah antara kedua massa masyarakat yang nyaris bentrok beberapa hari lalu,” kata Andrifitrianto, Ketua HMI Cabang Pontianak, kepada wartawan, Sabtu (17/3).
Andri berharap pernyataan sikap ini bisa membantu pemulihan kondisi. “Mudah-mudahan bisa membantu aparat kepolisian, pemerintah, dan masyarakat dalam mengondusifkan situasi,” tambahnya.
Ketua PMKRI Cabang Sei Raya KKR Hermanus Senyan menyambut positif dan hal semacam inilah yang harus selalu didorong. Supaya bisa selalu bersatu untuk menciptakan sebuah perdamaian, ketenteraman, dan persaudaraan sesama masyarakat di Kalbar, bukan untuk bertikai. “Masyarakat Kalbar harus tetap bersatu dan ciptakan suasa kondusif,” katanya.
Seluruh organisasi mahasiswa menyatakan turut prihatin atas konflik yang terjadi di Kota Pontianak. Semua pihak hendaknya menahan diri dan membuka ruang dialog selebar-lebarnya dalam rangka penyelesaian masalah. Mendorong aparat keamanan untuk mengambil tindakan tegas terhadap hal-hal potensial yang dapat mengganggu stabilitas keamanan Kota Pontianak secara khusus dan Kalbar pada umumnya.
Diskusi kebangsaan dihadiri oleh 12 organisasi di Kota Pontianak seperti, HMI Cabang Pontianak, GMKI Cabang Kota Pontianak, Pemuda Khatolik Kota Pontianak, JPRMI Kota Pontianak, PMII Cabang Pontianak, IMKB Cabang Pontianak, Naisatul Aisyah Cabang Pontianak, IMMC Cabang Pontianak, KAMMI Kalbar, PMKRI Sei Raya KKR, GAMKI, IPNU Kota Pontianak, IPPNU Pontianak, FORMALAK Cabang Pontianak, PMK STKIP Pontianak, KMK Untan, dan IMK STKIP Pontianak. (bdu/hak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar