Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 24 Juli 2012

Milton pun Bernaung ke Beringin

Pabali Musa Tepis Dukung Arafah

Milton Crosby-Morkes Effendi
ZMS
Pontianak – Kabar kabur Milton Crosby mendukung pasangan Morkes-Burhanuddin sudah jelas. Kabar hengkangnya Bupati Sintang ini dari partai pemerintah lalu menceburkan diri ke Partai Golkar kini menjadi berita.
“Betul, saya sudah bertemu dengan Pak Milton. Ada dua hal yang dibicarakan, pertama saling mendukung dan beliau menyatakan siap bergabung bersama kami di Pilgub Kalbar,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kalbar Morkes Effendi dikonfirmasi Rakyat Kalbar via selular, Selasa (17/7).
Kekecewaan Milton yang bagai jatuh tertimpa tangga politik ditengara sebagai alasan kuat mengapa dia pilih bernaung ke beringin. Setelah tidak diakomodasi Demokrat ke Pilgub Kalbar, Gubernur Cornelis malah mendepaknya sebagai Koordinator Pemekaran Provinsi Kapuas Raya (PKR), walaupun Milton sendiri tidak mengakui dirinya diganti oleh Mikael Abeng.
“Ya, kemungkinan besar Pak Milton juga akan bergabung ke Partai Golkar. Itu sedang diproses. Jadi 99 persen dipastikan bergabung untuk bersama-sama membesarkan partai,” ungkap Morkes yang tengah berada di Sintang diundang acara HUT Sultan Sintang bersama Burhanuddin.
Menurut Morkes, mereka punya komitmen bersama merealisasikan PKR. Versi Morkes, bahwa Milton melihat yang paling komit untuk mewujudkan PKR adalah pasangan Morkes-Burhan (MB).
Menurut Morkes lagi, Milton yang hanya menunggu kartu anggota Partai Golkar diteken, kian mengencangkan dengung mesin politiknya di timur. “Kami berharap sedikit-banyak punya pengaruh di wilayah timur Kalbar, mulai dari Sanggau, Sekadau, Melawi, Kapuas Hulu, terutama di Kabupaten Sintang,” ucap Morkes.
Enggan memprediksi target perolehan suara di kawasan PKR, Sekjen Lembaga Adat Melayu Serantau (LAMS) itu yakin koalisi akan solid.
“Target belum bisa diprediksi. Begitu juga untuk DPD kabupaten/kota. Kita longgar saja, karena mesin partai dan organisasi kemasyarakatan serta organisasi kebudayaan akan bekerja efektif dan maksimal,” kata Morkes.
Kendati Milton Crosby menghindari diwawancarai, kabar merapat ke kubu MB dibenarkan Ketua DPD Golkar Sintang Harjono Bejang. Bahkan dapat porsi penting sebagai koordinator relawan pemenangan.
“Benar, Pak Milton dalam kapasitas sebagai pribadi dan bukan bupati sebagai koordinator atau ketua relawan pemenangan pasangan MB untuk wilayah timur. SK diterbitkan tim koalisi provinsi partai pendukung 14 Juli lalu,” ungkap Harjono Bejang kepada Rakyat Kalbar, Selasa (17/7).
Menurut Bejang, begitu pria ini disapa, ditempatkannya Milton sebagai koordinator diusulkan oleh DPD Golkar Sintang. “Sampai saat ini Pak Milton belum melakukan pertemuan. Beliau masih sibuk,” kata Bejang.
Milton diyakini Bejang mampu meraup suara signifikan di lima kabupaten wilayah timur Kalbar untuk pasangan Morkes-Burhan. “Inilah jadi pertimbangan kita, karena beliau adalah figur dari timur Kalbar,” tandasnya.

Tepis dukung Arafah

Yakin dengan dukungan Milton Crosby buat pasangan MB, Wakil Bupati Sambas DR Pabali Musa MAg yang diisukan mendukung pasangan Armyn-Fathan (Arafah) hanya tertawa menjawab Kalbar Raya via selularnya, Selasa (17/7) di Sambas.
“Kalau ada kabar saya mendukung pasangan Arafah, itu hanya isu. Karena kebetulan dulunya saya Ketua Muhammadiyah, tapi sekarang wakil bupati. Jadi harus fokus pada program pemerintahan,” kelit Pabali Musa.
Seperti diberitakan, Pabali Musa menghadiri acara yasinan di markas Arafah di Pontianak, malam Jumat (12/7) bersama Armyn Alianyang dan Fathan A Rasyid. Namun tegas-tegas Pabali membantahnya. Takut kualat?
“Saya menjadi Wakil Bupati Sambas karena Pak Burhanuddin, jadi bagaimana mungkin saya mendukung pasangan lain. Apalagi dalam setiap rapat penting terkait pilgub bersama Bang De, saya selalu hadir dan memberikan masukan,” ungkap Pabali.
Lantas Pabali meminta agar media tidak mudah menyikapi isu yang berkembang serta dapat menyaring setiap informasi terkait pilgub. Dia mengaku saat ini lagi fokus menangani berbagai agenda di Pemkab Sambas.
Sebagai Wakil Bupati Sambas, Pabali mengimbau masyarakat kabupaten yang dipimpinnya bersama Bupati dr Juliarti agar tidak mudah terpengaruh dengan isu yang berkembang.
“Fokuslah menyukseskan pilgub, terutama mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT), jangan sampai tidak terdaftar. Marilah kita sukseskan pilgub 2012 yang bermartabat serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat mendukung meningkatkan jumlah partisipasi pemilih,” imbaunya.

Demokrasi

Sementara itu, Burhanuddin A Rasyid menepis isu bahwa Pabali Musa mendukung pasangan adiknya, Armyn-Fathan. Menurut Burhanuddin, Pabali adalah wakil bupati, publik figur dan juga tokoh agama.
“Kalau pejabat menghadiri setiap undangan, wajib hadir. Kecuali ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan, termasuk undangan setiap kandidat. Sebagai politisi kita tidak boleh berburuk sangka,” ujar Burhanuddin menjawab Rakyat Kalbar di Sambas.
Mantan Bupati Sambas dua periode ini mengakui orang yang serbasalah dan menjadi isu politik memang publik figur. Bagaimana tidak, setiap acara apa pun termasuk pilgub, pejabat daerah dilarang menghalangi kandidat lain yang berkunjung.
“Termasuk juga menghadiri undangan pasangan balon. Jadi hal seperti itu menurut hemat saya tidak perlu dipersoalkan, itulah yang namanya demokrasi,” kata Bang De. (jul/edo/din)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar