Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 14 Januari 2013

Cornelis: Saya Datang Sebagai Pengantin

Hari Ini, Periode Kedua Cornelis-Christiandy Dimulai

Tjahyo Kumolo, Anas, Ibas, Said Aqil Siraj, dan Oesman Sapta Hadir

Gubernur Kalbar Cornelis
Kiki Supardi
Cornelis didampingi Asisten I Setda Sumarno memasuki gedung dewan disambung sejumlah kepala SKPD, Minggu (13/1)
Pontianak – Hari ini lima tahun silam, Drs Cornelis MH kembali dilantik sebagai Gubernur Kalimantan Barat bersama pasangannya Drs Christiandy Sanjaya SE MM sebagai wakil gubernur di Gedung DPRD Kalbar, Senin (14/1) oleh Menteri Dalam Negeri DR H Gamawan Fauzi.
“Saya siap, tidak ada masalah. Persiapannya biasa-biasa saja. Semua persiapan pelantikan dari panitia. Pokoknya saya datang sebagai pengantin,” kata Cornelis kepada Rakyat Kalbar sambil mengembangkan senyum usai geladi resik, Minggu (13/1).
Rencananya, pelantikan Cornelis-Christiandy akan dihadiri politisi nasional. Antara lain Sekjen PDI-Perjuangan Tjahjo Kumolo, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, dan Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Tak ketinggalan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj pun direncanakan hadir.
Pengambilan sumpah jabatan akan dilaksanakan tepat pukul 11.00 WIB. Mengenakan kemeja putih garis-garis, Cornelis santai saja melaksanakan gelada bersih. Sementara Wagub Christiandy yang mengenakan kemeja batik warna cokelat tiba lebih awal sekitar pukul 15.15, disusul oleh Cornelis sekitar pukul 15.30 WIB.
Memperlancar acara pelantikan buat jabatan lima tahun terakhir ke depan, Cornelis dan Christiandy mengikuti semua rangkaian kegiatan. “Saya bersedia (menjadi gubernur dan wakil gubernur),” ujar keduanya saat disumpah oleh panitia yang berperan sebagai Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam geladi resik, kemarin. Cornelis diambil sumpah sebagai seorang Katolik dan Christiandy bersumpah sesuai agamanya Kristen Protestan.
Acara pelantikan hari ini akan dihadiri oleh sekitar 650 undangan untuk di dalam gedung dewan sementara di luar gedung disiapkan kursi untuk menampung 1.000 orang lengkap dengan layar monitor lebar.
Setelah acara prosesi pelantikan akan ada acara tambahan penyerahan e-KTP dari Mendagri ke 14 bupati dan walikota se-Kalbar. Setelah itu dilanjutkan penyerahan bantuan dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berupa mobil dan genset kepada kepala daerah perbatasan. Dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Kalbar dan Mendagri terkait pendirian Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kalbar.
Terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Kalbar Numsuam Madsun mengatakan SK gubernur sudah keluar berdasarkan Kepres No 1/P-Tahun 2013/Tanggal 2 Januari 2013.
Rencananya pelantikan akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah politisi nasional.
Undangan lain yang akan hadir Gubernur Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan Sulawesi Tenggara. Untuk jajaran legislatif, kabarnya akan hadir Ketua DPRD dari DPRD Kaltim, Kalsel, Kalteng, dan Jabar.
“Semua DPR dan DPD RI Dapil Kalbar juga diundang. Dari pusat selain Mendagri, ada Dirjen Pemerintahan Umum, Dirjen Otonomi Daerah. Pengakap Malaysia (Pramuka Malaysia) dan Konsulat juga diundang,” tambahnya.
Menurut Numsuam, setelah pelantikan Mendagri akan menghadiri sejumlah kegiatan yakni pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar di Balai Petitih oleh Ibu Vita Gamawan Fauzi. Malam harinya Gamawan Fauzi memberikan pengarahan kepada bupati/walikota se-Kalbar.

Syukuran pesta rakyat

Pada acara pelantikan para simpatisan gubernur/wagub terpilih juga hadir tetapi dalam jumlah terbatas yakni dari Kota Pontianak dan Kubu Raya. Sementara untuk daerah lain sudah disiapkan acara khusus pada 16 Januari berupa Pesta Rakyat di Ngabang, Kabupaten Landak.
Seperti diberitakan sebelumnya, Rapat Paripurna Istimewa pengambilan janji jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar periode 2013-2018 akan menelan biaya Rp328.805.000. Lebih besar Rp 125.575.000 dari pelantikan gubernur periode pertama 2008 lalu.
Biaya tersebut untuk beragam kebutuhan seperti belanja alat tulis kantor, cetak kartu identitas, cetak undangan, sewa perlengkapan, spanduk, baliho, banner, belanja dekorasi, dan hiburan. Selain itu belanja makanan minuman, peliputan dan siaran langsung, serta honorarium.
Sejumlah mobil hias dijadwalkan akan mengiringi keberangkatan Cornelis dari kediaman resmi di Jalan Ahmad Yani Pontianak bersama Christiandy Sanjaya menuju tempat pelantikan. Mobil tersebut dihiasi ornamen khas daerah dengan miniatur burung enggang di bagian depan.
Dari pantauan Rakyat Kalbar di lapangan, persiapan acara pelantikan hari ini telah optimal kemudian gedung DPRD disterilkan hingga acara pelantikan berlangsung. Aparat keamanan sudah disiagakan sejak kemarin pagi hingga hari ini di berbagai titik terutama kawasan gedung dewan, kediaman resmi gubernur dan wagub serta lokasi tertentu lainnya. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar