Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 29 Mei 2012

Kelangkaan BBM, Dampak Minimnya SPBU

Bengkayang – Papan bertuliskan bensin dan solar habis menjadi pemandangan biasa bagi warga ibu kota Kabupaten Bengkayang. Salah satu sering terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) disebabkan minimnya SPBU.
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot SPd mengatakan, keterbatasan jumlah SPBU di Bengkayang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan BBM, sehingga pasokan BBM untuk daerah Bengkayang hanya sedikit dan tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat.
“SPBU di Kota Bengkayang hanya satu-satunya saja di Jalan Sanggau Ledo, sedangkan masyarakat yang membeli BBM tersebut bukan hanya dari warga lokal, tetapi penduduk Kabupaten Landak juga menyerbu ke sini,” ungkap Gidot ditemui di Kantor Camat Bengkayang, belum lama ini.
Ketua Umum DPC Demokrat Kabupaten Bengkayang ini menjelaskan, warga Kabupaten Landak yang banyak membeli BBM di SPBU Bengkayang yang berada di Jalan Sanggau Ledo berasal dari Simpang Tiga sampai ke Tunang. Sedangkan masyarakat Bumi Sebalo dari Kecamatan Bengkayang, Lumar, Ledo, Teriak, Suti Semarang dan Sungai Betung.
“Wajar saja stok BBM di SPBU cepat habis, karena satu-satunya di Kota Bengkayang. Sedangkan SPBU yang ada di Kecamatan Sanggau Ledo melayani beberapa kecamatan seperti Tujuh Belas, Ledo, Seluas, Siding, dan Jagoi Babang,” terangnya.
Ia melanjutkan, SPBU yang berada di Kecamatan Samalantan melayani beberapa kecamatan yakni Capkala, Monterado, dan Lembah Bawang. Sama halnya di Kecamatan Sungai Raya. Karena itu, perlu adanya penambahan jumlah SPBU di Kabupaten Bengkayang.
“Apabila tidak ada pengusaha yang mampu untuk membuka SPBU baru di Bengkayang, Pertamina seharusnya membantu terlebih dahulu untuk membukanya, jangan masyarakat yang menjadi korban dikarenakan keterbatasan BBM,” ujar Gidot berseloroh. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar