Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Selasa, 29 Mei 2012

PLTU Embalut Perawatan, Listrik 2 Kota di Kaltim Padam


Samarinda - Perawatan mesin PLTU Embalut milik PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK) berkapasitas 2x25 megawatt (MW) mengakibatkan pemadaman bergilir di 2 kota di Kaltim. Pemadaman terus terjadi hingga akhir bulan ini.

"Perawatan pembangkit CFK sampai 29 Mei 2012. Makanya kekurangan daya untuk Balikpapan dan Samarinda yang berada di sistem Mahakam sehingga terjadi pemadaman," kata Humas PT PLN Wilayah Kaltim, Imam Taufik, saat dihubungi detikFinance, Rabu (16/5/2012) sore WITA.

Imam menepis beredarnya kabar CFK kekurangan pasokan batubara untuk menghidupi 2 mesin pembangkit milik PLTU Embalut. Menurut dia, perawatan murni terjadi lantaran kegiatan perawatan yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

"Bukan karena kekurangan batubara. Kalau tidak dirawat bisa terjadi kerusakan. Perawatan memang 1 tahun sekali. Perawatan kan baru dimulai Minggu (13/5/2012) kemarin," kilah Imam.

Imam menjelaskan, pemadaman yang terjadi di Balikpapan dan Samarinda dikarenakan perawatan mesin pembangkit, dilakukan sejak pukul 18.00-22.00 WITA.

"Di jam-jam itu adalah waktu di mana terjadinya puncak beban penggunaan listrik. Kami imbau, masyarakat bisa membantu dengan menghemat listrik," ujar Imam.

"Di PLTU CFK, daya mampu sekitar 2x16 megawatt. Karena adanya perawatan mesin, ada sekitar 16 megawatt yang hilang," terangnya.

Menyikapi intensitas pemadaman listrik yang kerap terjadi belakangan ini, warga kembali mempertanyakan kondisi kelistrikan di Kaltim, seperti yang terjadi di Samarinda.

"Listrik kadang padam, kadang menyala ini sudah lebih dari sepekan terakhir ini. Sebentar padam, sebentar hidup lagi. Seperti kota krisis listrik," kata Rahman, seorang pegawai swasta di Samarinda.

"Seingat saya, semenjak Pak Dahlan jadi Dirut PLN, Samarinda nyaris tidak pernah padam listrik. Lah ini, setelah Pak Dahlan jadi menteri, padam listrik kembali kumat," keluhnya.

Di kota Balikpapan pun demikian. Bahkan pemadaman tidak hanya terjadi di malam hari, tetapi juga di pagi hari.

"Iya. Di Balikpapan tadi pagi padam. Sepertinya intensitas pemadaman sudah mulai sering di sini," kata warga Balikpapan, Idris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar