Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 18 Juli 2011

Ini Sasaran Kementerian Perumahaan di 2011

Pada tahun depan (2011), kementerian menganggarkan pagu definitif sebesar Rp2,76 triliun.


Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa (Antara)

Kementerian Perumahaan Rakyat sepanjang tahun ini berhasil menyerap dana sebesar Rp909,96 miliar atau setara dengan 94,34 persen. Adapun realisasi subsidi mencapai Rp2,99 triliun atau 96,5 dari pagu.
Sedangkan pada tahun depan (2011), kementerian menganggarkan pagu definitif sebesar Rp2,76 triliun. Dana alokasi tersebut masih ditambah anggaran subsidi sebesar Rp4,27 triliun.  "Dana itu akan digunakan untuk memenuhi target hingga tahun 2014," kata Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa di Jakarta.
Antara lain, kata dia, pembangunan rumah susun sejahtera sewa sebanyak 380 twin blok, fasilitas pembangunan perumahan swadaya sebanyak 50 ribu unit, fasilitas peningkatan kualitas swadaya sebanyak 50 ribu unit, fasilitas pembangunan PSU kawasan sebanyak 700 ribu unit, fasilitas pembangunan PSU perumahan swadaya sebanyak 50 ribu unit, fasilitasi dan simulasi penataan lingkungan pemukiman kumuh seluas 655 hektare, fasilitas pra sertifikasi dan pendampingan pasca sertifikasi sebanyak 30 ribu unit, fasilitas pembangangunan rumah khusus sebanyak lima ribu unit, dan bantuan subsidi perumahan bagi 1,35 juta unit.
Kementerian, menurut Suharso, akan bekerja sama dengan pemerintah daerah guna pemenuhan target penyediaan rumah pada hingga 2014. "Kita meminta pemerintah kota, kabupaten dan privinsi untuk membuat profil daerah mana yang akan dikembangkan untuk pembangunan pemukiman," ujarnya.
Dia meminta, pemerintah daerah turut serta membangun kawasan sehingga dana pembangunan akan terserap efektif. "Terbesar memang di pulau jawa," tutur Suharso.
Sementara itu, terdapat 66 juta kepala keluarga yang membutuhkan perumahan, di mana 4,8 juta unit tidak layak huni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar