Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 18 Juli 2011

Pelajar China Bercita-cita Jadi Koruptor

"Kalau saya besar nanti, saya ingin jadi pejabat pemerintah yang korup."

Tembok Besar di China (AP Photo)

Seorang pelajar di China menjadi kesayangan media negeri Tirai Bambu itu baru-baru ini. Pasalnya, di hari pertama masuk sekolah, murid perempuan tersebut berkata ingin menjadi pejabat korup saat besar nanti.
Seperti dikutip dari laman Asia One, Jumat, 4 September 2009, siswi berusia enam tahun tersebut mengungkapkan cita-citanya dalam sebuah wawancara yang ditampilkan di laman internet di China selatan.
"Kalau saya besar nanti, saya ingin jadi pejabat pemerintah," kata gadis kecil yang wajahnya disamarkan untuk menutupi identitasnya tersebut. "Pejabat seperti apa?" tanya pewawancara. "Pejabat yang korup, karena pejabat korup punya banyak sekali barang," jawabnya.
Setelah ditampilkan di dunia maya, para blogger menggambarkan komentar siswi tersebut sebagai sebuah refleksi dari realitas sosial. Sejumlah pelajar lain yang juga muncul dalam video diberi pertanyaan sama. Banyak di antara mereka bilang ingin menjadi guru, sedangkan siswa lain belum tahu apa cita-cita mereka.
Pengguna ruang dialog di internet memuji atas pandangan realistis gadis tersebut akan kehidupan. Komentator lain bersikap sinis atas korupsi yang merajalela di China.
"Sosialisme sudah mengeluarkan versi baru dari 'The Emperor's New Clothes," tulis sebuah posting.
"Keburukan hidup sudah meracuni anak-anak, bagaimana kita akan mendidik generasi selanjutnya?'" tulis posting lain.
Sementara itu, Presiden China Hu Jintao berulang kali mengultimatum bahwa korupsi adalah salah satu ancaman terbesar bagi legitimasi hukum Partai Komunis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar