Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 02 Juli 2012

Disdik Terapkan Sistem Online

Penerimaan Siswa Baru 2 hingga 5 Juli
 
Pontianak – Mulai 2 hingga 5 Juli mendatang, Penerimaan Siswa Baru (PSB) di tingkat sekolah menengah pertama dan menengah atas Kota Pontianak akan kembali diterapkan dengan sistem online.
“Pemakaian sistem online ini agar penerimaan siswa baru lebih efektif, efisien, dan transparan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pontianak Mulyadi di Kantor Walikota Pontianak.
Dia menjelaskan, mekanisme pendaftaran online ini sangat mudah, sehingga bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah yang diinginkan, bisa langsung daftar dan melengkapi surat kelengkapan syarat.
“Sementara bagi siswa dari luar kota, tetap akan diberlakukan kuota 5 persen dan untuk formulir pendaftaran bisa diambil di dinas pendidikan untuk selanjutnya diberikan surat rekomendasi dari dinas pendidikan,” jelasnya.
Mulyadi juga mengatakan, bahwa kuota 5 persen untuk siswa yang tidak berdomisili di Kota Pontianak diberlakukan sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh walikota. “Hal ini kita lakukan agar memberikan kesempatan kepada anak-anak kita yang berasal dari Kota Pontianak untuk mengenyam pendidikan negeri baik SMP maupun SMA,” kata Mulyadi.
Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Pontianak Mansyur SAg sangat mendukung sistem online pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2012-2013. Pihaknya juga sangat mendukung terobosan yang sudah dibuat Disdik Kota Pontianak.
Karena dari faktor sisi waktu menurutnya sistem online juga dapat menghemat pembiayaan yang dikeluarkan dari orang tua siswa. “Penilaian penerimaan nantinya tetap akan menggunakan sistem perankingan. Sedang untuk formulir pendaftaran online, nantinya orang tua siswa akan diwajibkan mengisi 5 pilihan sekolah yang diinginkan. Sehingga bagi siswa yang tidak lolos ke sekolah pilihan pertama, nantinya secara otomatis akan diikutkan sampai pada pilihan yang ke 5,” jelasnya. (dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar