Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 05 Juli 2012

MTQ dan Kalbar Expo Bersamaan

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya
Rosadi Jamani
Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya sedang meninjau stand Kalbar Expo
 
Pontianak – Perayaan MTQ internasional berlangsung meriah. Selain diikuti 1.800 peserta dari berbagai negara, juga diisi dengan pameran Kalbar Expo 2012 diisi 200 stand instansi pemerintah pusat dan daerah.
Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol M Ridwan mengatakan MTQ internasional digelar bersamaan dengan Kalbar Expo atau pameran nasional yang dilaksanakan setiap tahun. “Tahun ini untuk pelaksanaan pameran merupakan tahun kedelapan sejak 2005 lalu,” ungkap M Ridwan kepada Equator, Rabu (4/7).
Kegiatan MTQ ini juga diisi dengan lomba-lomba dan pameran. Selain itu ada juga panggung seni dan budaya, menampilkan beragam kesenian dari pondok pesantren se-Kalbar.
Ketua Otonom Jami'yatul Qurra' Wal Huffazh Abdul Muhaimin Zein mengungkapkan, MTQ internasional kali ini akan melombakan tilawatil quran dengan memilih satu dari tiga riwayat dan Tahfidz 30 Juz. “Sebelum menghadapi MTQ internasional, terlebih dahulu Jami'yatul Qurra' Wal Huffazh akan menyelenggarakan MTQ nasional. Tujuannya menyaring duta Indonesia menghadapi MTQ internasional yang diselenggarakan di Pontianak,” jelas Abdul.
Meski banyak pihak mengatakan penyelenggaraan MTQ internasional didanai oleh salah satu negara, dibantah Badan Otonom Nahdlatul Ulama Jami'yatul Qurra' Wal Huffazh. “Dana pelaksanaan MTQ internasional yang digelar di Pontianak pada 3-8 Juli bukan berasal dari Iran. Meski sekarang beredar rumor melalui SMS bahwa didanai oleh Pemerintah Iran,” ungkap Abdul saat pembukaan MTQ Internasional I di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Selasa malam.
Menurut dia, ada sejumlah sponsor yang mendanai perhelatan akbar di kalangan pondok pesantren itu. Di antaranya Pemerintah Provinsi Kalbar, Bank Mandiri, serta Lyman Group. “Jadi ini sekaligus menepis rumor tersebut,” katanya menegaskan.
Sekda Kalbar M Zeet Hamdy Assovie menyatakan pemprov menyediakan anggaran sekitar Rp 3 miliar untuk mendukung kegiatan tersebut. Berdasarkan data panitia, pembukaan MTQ internasional akan dihadiri 40 tamu kehormatan, 1.500 tamu VIP, dan 2.500 santri seluruh Kalbar dan 1.500 kafilah.
Untuk negara-negara yang mengikuti MTQ internasional meliputi Mesir, Irak, Suriah, Rusia, dan Kazakhstan. Juga diikuti sekitar 1.500 perwakilan 250 pondok pesantren se-Indonesia dan 11 negara ASEAN. (dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar