Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 05 Juli 2012

Wapres Buka MTQ 3 Juli Mendatang

Pontianak – Wakil Presiden RI Boediono rencananya membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional VII, MTQ Internasional I, dan Munas IV Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh pada 3 Juli mendatang.
Hal itu diungkapkan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Kalbar M Ridwan, Kamis (21/6). MTQ merupakan sebuah kegiatan untuk melestarikan dan meningkatkan minat terhadap seni membaca Alquran, sekaligus memahami kandungan dan isi dari kitab suci umat Islam. MTQ juga merupakan sarana untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah, karena berkumpulnya ribuan umat dari berbagai daerah dalam kegiatan tersebut.
Ridwan mengungkapkan, MTQ Nasional VII, MTQ Internasional I, dan Munas IV Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh, salah satu badan otonom organisasi Nahdlatul Ulama, merupakan kegiatan lima tahunan. MTQ ini akan diikuti sekitar 1.500 orang dari 250 pondok pesantren se-Indonesia dan 11 negara ASEAN. Sementara itu, Munas IV akan diikuti oleh lebih-kurang 650 peserta yang berasal dari pengurus wilayah dan cabang Jami’yyatul Qurra’ wal Huffazh.
“Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Bapak Wakil Presiden. Pelaksanaannya 3 hingga 8 Juli 2012 mendatang,” tegas Ridwan.
Menurut Ridwan, kegiatan MTQ tersebut juga akan bersamaan dengan Kalbar Expo 2012, merupakan pameran nasional dan dilaksanakan setiap tahun. “Tahun ini adalah pelaksanaan yang ke-8 kali sejak tahun 2005 lalu,” jelas Ridwan lagi. Kalbar Expo akan diikuti oleh 200 stand yang berasal dari instansi pemerintah pusat dan daerah (provinsi, kabupaten, dan kota).
Selain lomba-lomba dan pameran, pelaksanaan MTQ juga akan diisi dengan panggung seni dan budaya yang akan menampilkan beragam kesenian bernuansa Islami. Selain itu juga dihibur grup-grup kesenian dari pondok pesantren se-Kalbar. “Ada pula artis-artis nasional yang juga akan memeriahkan kegiatan ini,” tutur Ridwan lagi.
Pelaksanaan MTQ Internasional I, MTQ Nasional VII, dan Munas IV Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh di Pontianak diharapkan dapat didukung oleh semua lapisan masyarakat. Sehingga pelaksanaannya berlangsung lancar dan sukses. (dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar