Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 26 Januari 2012

Kembalikan Kepercayaan Diri Korban Pemerkosaan

Peran Ibu Sangat Dibutuhkan

Suma Jenny Herjanti
Kiram Akbar Suma Jenny Herjanti
 
Ketapang – Pemerkosaan terhadap anak sendiri sudah sering terjadi. Terakhir, seorang bocah 10 tahun, warga Kelurahan Sampit diperkosa ayah tirinya. Secara psikologis pengalaman buruk itu akan sangat membekas. Korban juga akan cenderung tertutup dan minder. “Trauma itu bisa jadi berkepanjangan. Kita miris mendengarnya dan sangat menyayangkan kejadian itu. Bagi si pelaku kita minta dikenakan ganjaran yang maksimal. Sementara untuk korban, terlebih anak-anak perlu penanganan khusus,” kata Suma Jenny Herjanti MH, tokoh wanita Ketapang kepada Equator.
Dikatakannya, hal yang harus dilakukan adalah mengembalikan kepercayaan diri si anak. Di sini peran ibu sangat dibutuhkan dengan memberikan motivasi bagi anak untuk ‘melupakan’ kejadian tersebut. Komunikasi antara ibu dan anak. Tentunya dengan pendekatan-pendekatan persuasif yang menyentuh jiwa si anak.
“Peran lingkungan juga sangat dibutuhkan. Tidak bisa hanya satu sisi saja. Memang ini membutuhkan proses yang lama,” terangnya.
Magister hukum jebolan Universitas Tanjungpura itu menilai, banyaknya kejadian pencabulan atau pemerkosaan terhadap anak sendiri sering disebabkan faktor ekonomi dan tingkat aktivitas yang rendah.
“Banyak kasus pencabulan atau pemerkosaan terhadap anak sendiri terjadi di keluarga yang ekonominya menengah ke bawah. Seorang bapak yang menganggur dan tak ada aktivitas bisa saja melakukan pemerkosaan terhadap anaknya ketika istri tidak di rumah,” bebernya.
Namun bukan berarti kejahatan seksual terhadap anak tidak terjadi di kalangan yang secara ekonomi high class. Hanya saja jarang terungkap ke permukaan. Karena itu lagi-lagi tokoh wanita yang juga anggota DPRD Provinsi ini menekankan peran orangtua dalam mengawasi anaknya.
“Selain bimbingan agama, orangtua terutama ibu juga harus mengontrol aktivitas anak-anak mereka. Lebih baik mencegah sebelum terjadi,” tutupnya. (KiA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar