Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Kamis, 29 Maret 2012

Ribuan Buruh Demo BBM Lagi di Surabaya


foto
Ribuan simpatisan dan kader PDI-P Surabaya berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (27/3). Massa mendesak pemerintah membatalkan rencana kenaikan harga BBM.


Surabaya - Kota Surabaya hari ini, Kamis 29 Maret 2012, kembali diriuhkan oleh aksi unjuk rasa penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Diawali sekitar seribu massa buruh dari beragam federasi serikat pekerja.

Buruh dari berbagai daerah di di Jawa Timur, seperti Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan, mendatangi kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya, Massa berdatangan sejak pukul 11.00 WIB mengendarai ratusan angkutan kota, truk dan sepeda motor. "Kami datang ke sini dengan damai, kami hanya ajukan satu tuntutan, batalkan rencana kenaikan harga BBM," kata Sumarwito, koordinator aksi dari Federasi Serikat Buruh Indonesia (FSBI) Surabaya.

Meski menyatakan melakukan aksi unjuk rasa dengan damai, namun massa sempat memblokir Jalan Ahmad Yani Surabaya saat menuju kantor gubernur. Akibatnya, jalan yang menjadi poros utama arus lalu lintas dari berbagai daerah ke arah Kota Surabaya macet total.

Sementara itu, ratusan aparat kepolisian mengawal jalannya unjuk rasa. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Hadiatmoko tampak memimpin pengamanan.

Menurut Hadiatmoko, unjuk rasa hari ini juga akan berlangsung di depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Soerjo dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur di Jalan Indrapura. "Secara umum masih aman dan terkendali,” ujarnya.

Hadiatmoko mengatakan pola pengamanan dilakukan dengan cara preventif dan menghindari kekerasan. Bahkan diupayakan tidak terjadi saling dorong antara pengunjukrasa dengan aparat keamanan.

Seperti pengamanan pada unjuk rasa Selasa 27 Maret 2012, hari ini juga dikerahkan sekitar 5.500 personel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar