Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 26 Maret 2012

Demokrat Cenderung ke Milton?

Pontianak – Ke mana arah dukungan Partai Demokrat dari 21 figur yang melamar, masih samar-samar. Jika kader internal bernasib baik, Milton Crosby bisa diusung. Atau malah Tambul Husin atau Armyn Alianyang dijagokan masih harus disurvei.
“Terkait dengan prediksi ke mana arah dukungan Partai Demokrat, saya melihat kecenderungan target DPP PD bukanlah pada posisi wakil, akan tetapi posisi orang nomor satu (gubernur),” kata Jumadi SSos MSi, pengamat politik dari Universitas Tanjungpura (Untan), dihubungi Equator, Minggu (25/3).
Menurut dia, untuk menentukan siapa yang akan didukung PD sebagai posisi gubernur tentu bisa saja berasal dari internal kader PD atau bisa saja orang yang berasal dari luar kader.
“Saya melihat kalau di internal kader PD, Pak Milton cukup besar peluangnya untuk diusung menjadi cagub, dan kalau dari orang luar PD kecenderungan pilihan akan ke Armyn,” kata Jumadi.
Namun, sambung dia, tentunya sulit untuk bisa memprediksi secara pasti siapa yang akan mendapatkan perahu partai berkuasa yang biasanya di tangan pembina. Namun cuaca politik bisa saja terjadi di luar prakiraan. Tapi melihat riil dan konstalasi politik yang berkembang di daerah dan pusat, saat ini kecenderungannya seperti itu.
Disinggung soal rebutan menggaet Burhanudin A Rasyid sebagai wakil yang digadang-gadang oleh beberapa calon menurut Jumadi biasa saja, tidak ada yang luar biasa.
Ada dua faktor pertimbangan menggandeng Burhanudin dalam pilgub kali ini. Pertama, barangkali Milton dan yang lain-lainnya melihat hasil pilkada di Sambas sepuluh dan lima tahun yang lalu, di mana Burhan cukup signifikan perolehan suaranya.
Kedua, kata Jumadi, bisa saja kader PAN tersebut dianggap sebagai tokoh masyarakat yang cukup populis di wilayah Utara. Karena ini pemilukada langsung oleh pilihan rakyat. Jelas yang menjadi pertimbangan menentukan pilihan didasari dari aspek popularitas dan elektabilitas tokoh.
“Tapi itu kan masa lalu. Masyarakat punya penilaian tersendiri terhadap tingkat keberhasilan Pak Burhanudin menjadi bupati dua periode. Jadi tidak sama lagi tingkat popularitas dan elektabilitas Pak Burhan lima atau sepuluh tahun lalu dengan perkembangan saat ini. Jadi menurut saya jangan terlalu optimislah, perlu ada alternatif lain,” kata Jumadi.
Sementara itu, Ketua DPD PD Kalbar Suryadman Gidot SPd pada kesempatan di sekretariat partainya, Sabtu (24/3) lalu mengatakan, nama-nama yang telah mengembalikan formulir akan disurvei dan selanjutnya direkomendasikan ke DPP, untuk dipilih satu pasangan sebagai jagoan partai berkuasa bertarung di Pilgub Kalbar.
Nama-nama yang mendaftar sebagai calon gubernur yakni Drs Cornelis MH, Suryadman Gidot SPd, Drs Abang Tambul Husin, Drs Milton Crosby MSi, Ir Burhanuddin A Rasyid, Ir Suhardi Dharmawan, Mayjen TNI Armyn Angkasa Alianyang, Muda Antartikawan, Suprianto STh MSi, Tan Tjun Hwa, Ir Andreas Acui Simanjaya, dan Drs H Syakirman, serta Irjen Pol Drs Dinar SH MBA. Sedangkan yang mendaftarkan sebagai wakil ada Drs Christiandy Sanjaya SE MM, Fathan A Rasyid, Harti Hartijah, Ir Harso Utomo, Erma S Ranik, Paryadi SHut MM, dan Barnabas Simin. (jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar