Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Senin, 27 Februari 2012

Lika-liku Kaburnya Vita

Jakarta: Nama Ruvita Sari Siahaan atau akrab disapa Vita ramai dibicarakan beberapa waktu terakhir. Bocah 13 tahun ini menjadi sorotan masyarakat setelah sempat dikabarkan hilang dari rumahnya.
Sebelum tak diketahui keberadaannya, Vita sempat pamitan untuk mengunjungi sebuah warung internet di kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Berbagai pertanyaan dan spekulasi pun muncul. Apakah Vita diculik
Komunikasi awal setelah lama hilang malah muncul dari jejaring sosial Facebook. Vita mengeluarkan pernyataan yang cukup mengherankan. Dari kalimatnya, ia seolah meyakinkan keluarga dirinya berada dalam kondisi aman dan nyaman. Dari cerita keluarga, Vita dikenal sebagai priadi periang yang memiliki bakat seni. Ini terbukti dari terpilihnya Vita di beberapa iklan produk makanan.
Keluarga tak berdiam diri. Kasus ini dilaporkan ke polisi. Selang beberapa bulan, keberadaan Vita berhasil diketahui.
Kota Sorong, Papua, menjadi pemberhentian Vita. Kota yang berjarak cukup jauh dari Cipayung, Jakarta Timur, tempat tinggalnya. Vita mengaku dapat mencapai Papua menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Di sana, ia bertemu Bunda Maya, seorang perempuan yang diakuinya sebagai ibu angkat.
Di mata Vita, Maya adalah sosok ideal yang mampu memberikan perhatian dan kasih sayang. Fakta ini berlawanan dengan pendapatnya mengenai sang ibu kandung. Bahkan, Vita terkesan acuh saat dipertemukan dengan sang ibu di Polda Metro Jaya. Apa yang sebenarnya terjadi dalam diri Vita.
Untuk mengungkap hal tersebut, tim Sigi Investigasi menemui seorang psikolog tersohor, Dinastuti. Menurut Dinastuti, Vita mengalami peralihan masa transisi menjadi remaja. Hal ini berpengaruh besar terhadap sejumlah keputusan yang diambil, termasuk kabur dari rumah.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI ikut menangani kasus Vita, terkait dugaan eksploitasi dan kekerasan seperti yang kerap diucapkan Vita. Setelah melewati proses mediasi yang cukup alot, Vita akhirnya kembali ke keluarga.(WIL/AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar