Ucapan

SELAMAT DATANG DI BLOG SUARA ENGGANG POST!

Rabu, 18 Januari 2012

Mau Nikah Lagi Teringat Istri

Kisah Residivis Insaf asal Pontianak (6)

Oleh Radiman

Suami manapun pasti ingin nikah lagi apabila ditinggal istri. Persoalannya harus menghadapi administrasi pernikahan.

Tak terasa hubungan Lalu dengan Erna sudah berjalan tiga bulan. Hubungan mereka makin intim. Walaupun Lalu sering menikmati wanita penghibur, namun untuk Erna tidak ada niat untuk menggaulinya, kecuali sudah jadi istri.

“Hubungan saya sudah serius. Orang tua Erna juga sudah tahu dengan saya. Sekarang, kami sudah mulai membicarakan masalah pernikahan,” ujar Lalu.

Di saat Lalu ingin menikah lagi, dia teringat dengan istri, Dina (nama samaran) dan anaknya. Dia tahu istrinya sudah lama meninggalkan dirinya. Menurut informasi dari orang tuanya, Dina sudah lama menjadi TKW di Arab Saudi. Dia pergi tanpa kabar. Lalu menganggap istrinya telah meninggalkan dia dan tak mungkin kembali.

“Cuma yang menjadi persoalan adalah status pernikahan kami. Saya nikah dengan penghulu dan memiliki surat nikah. Nah, sampai saat ini surat nikah itu dibawa istri. Jadi, saya bingung mau nikah lagi,” ujar Lalu.

Memang, secara agama antara Lalu dan Dina memang sudah cerai. Lalu mengakui sudah lama tidak memberi nafkah istrinya. Sementara istrinya kabur ke Arab tanpa minta izin dengannya. Namun, secara administrasi pernikahan, pernikahan mereka masih sah, karena belum ada surat perceraian resmi dari Pengadilan Agama.

“Saya bingung sekarang. Mau nikah lagi, takut istri yang di Arab nanti menggugat. Kata teman, kalau cerai itu mesti di ada surat resmi dari Pengadilan Agama. Mungkin untuk langkah awal saya mencoba tanya ke Pengadilan Agama,” tambah Lalu.

Nantikan kisah berikutnya esok (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar